Operasi Patuh 2020 Resmi Digelar Di Toraja, Ini Sasarannya

888
0
Handover (Humas Polres Tana Toraja).

Updatekareba.Com, Toraja – Terhitung pukul 00.01 wita, tanggal 23 Juli 2020, Operasi Patuh 2020 secara serentak resmi di berlakukan di seluruh jajaran nusantara, seluruh Polda, dan Polres se Indonesia menggelar operasi kepolisian terpusat ini dengan sandi Operasi Patuh 2020.

Mengukuhkan pelaksanaan Ops Patuh 2020, Polres Tana Toraja menggelar Apel Gelar Pasukan Ops Patuh 2020, dihalaman Mapolres Tana Toraja. Kamis (23/07/2020).

Gelar Pasukan Ops Patuh 2020 di Mapolres Tana Toraja ini di pimpin oleh Waka Polres Tana Toraja Kompol Jacob Lobo SH MH, di ikuti oleh Jajaran Perwira Polres Tana Toraja, 1 peleton personil Kodim 1414/Tator, 1 Peleton Dalmas, 1 Peleton personil Satlantas, 1 Peleton Personil Staf, 1 Peleton Resintel, 1 Peleton Sat Pol PP, dan 1 Peleton Dishub Pemkab Tana Toraja,

Sementara Komandan Apel Gelar Pasukan adalah Ipda Sette Marrung, dan Perwira Apel Iptu H. Muh. Nawir S.Sos, Kasat Lantas.

Pengukuhan berlangsungnya Ops Patuh 2020 di tandai dengan penyematan ” pita operasi ” oleh Pimpinan Apel Kompol Jacob Lobo, kepada perwakilan pelaksana operasi, yang terdiri dari perwakilan Sat Lantas, kodim 1414/Tator, Sat Pol PP, dan Dishub Pemkab Tana Toraja.

Pada amanat seragam Kapolda Sulsel Irjen Pol. Mas Guntur Laupe, yang dibacakan oleh Pimpinan Apel, Kompol Jacob Lobo, Ops Patuh 2020 ini bertujuan untuk mengurangi korban meninggal dunia dengan rencana target capaian sebesar 50%, dan merujuk pada penyelenggara system yang terpadu, yang tertuang dalam rencana umum nasional keselamatan (RUNK) melalui 5 pilar.

Jacob Lobo juga ungkapkan 8 sasaran
Operasi patuh 2020, meliputi :
– Pengguna motor yang tidak menggunakan helm standar.
– Pengguna kendaraan yang tidak menggunakan safety belt.
– Pengemudi / pengedara yang melebihi batas kecepatan.
– Pengemudi / pengendara dalam keadaan pengaruh alkohol.
– Pengemudi / pengendara yang melawan arus.
– Pengemudi / pengendara di bawah umur.
– Pengemudi / pengendara yang menggunakan handphone saat berkendara.
– Kendaraan yang menggunakan lampu Strobo, Rotator, dan Sirine yang tidak sesuai dengan peruntukannya.

“Diantara 8 sasaran yang menjadi target Ops Patuh 2020, terdapat 3 sasaran prioritas, yaitu Pengendara Motor yang tidak Menggunakan Helm  Standar, Pengemudi/Pengendara dibawah Umur dan Pengemudi/Pengendara yang melawan Arus,” Kata Jacob Lobo.

Usai apel gelar pasukan, sekitar pukul 10.15 wita, hari pertama pelaksanaan Ops Patuh 2020 di laksanakan di jalan Nusantara, tepatnya di depan pos lantas makale – area plaza kolam Makale.

Kasat Lantas Polres Tana Toraja Iptu H. Muh Nawir, pada kesempatan temu memghimbau kepada segenap warga pengguna jalan raya untuk melengkapi kelengkapan diri dan kendaraan, dan patuhi etika berlalu lintas yang baik dengan cara menghindari target sasaran prioritas operasi patuh 2020.

“Tak ingin terjaring Ops Patuh 2020, perhatikan 8 target sasaran Ops Patuh, olehnya lengkapi kelengkapan diri dan kendaraan, serta patuhi etika berlalu lintas yang baik,” Pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here