Pandemi Covid 19 dan Kemandirian Pangan Masyarakat Lembang Buntu Batu Toraja Utara

291
0
Kebun milik masyarakat di Lembang Buntu Batu, Kecamatan Tikala, Kabupaten Toraja Utara.

Updatekareba.Com, Toraja – Pandemi Covid – 19 sangat berdampak terhadap kehidupan masyarakat, terkhusus dalam hal ketersediaan pangan.

Hal ini menggerakan Masyarakat yang didukung Oleh Pemerintah Lembang Buntu Batu serta BPP Kecamatan Tikala untuk berinisiatif menggalakan kemandirian pangan.

Adapun Kegiatan – kegiatan yang dilakukan masyarakat Lembang Buntu Batu untuk mengurangi dampak pandemi ini adalah memanfaatkan lahan pekarangan dan lahan tidur untuk menjadi penunjang kebutuhan Pangan rumah tangga dengan menanam sayur mayur, tanaman obat dan bumbu dapur.

Menurut Samuel Tandi Payung salah seorang yang menjadi penggerak kemandirian pangan di Lembang Buntu Batu, Pandemi Covid 19 tidak hanya berdampak pada kesehatan akan tetapi pada seluruh aspek sosial masyarakat.

“Sehingga diperlukan kemandirian untuk mengurangi dampak pandemi tersebut,” kata Samuel Tandi Payung, Rabu (28/5/2020).

Beliau juga mengucapkan bahwa pemerintah lembang buntu batu dan BPP Kecamatan Tikala sangat berperan aktif dalam mendukung kemandirian masyarakat seperti tersedianya bibit serta alat dan bahan yang menunjang inisiatif masyarakat.

Pemerintah Lembang Buntu Batu berharap setelah Berakhirnya Pandemi Covid 19 kemandirian masyrakat ini akan tetap berlanjut agar mengurangi ketergantungan pangan dari luar lembang Buntu Batu Kecamatan Tikala Kabupaten Toraja Utara.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here