Pasang Stiker Edukasi, Cara Satlantas Polres Toraja Utara Ajak Masyarakat Disiplin Protokol Kesehatan

138
0
Handover (Satlantas Polres Toraja Utara).

Updatekareba.Com, Toraja – Kali ini, Satlantas Polres Toraja Utara memberi imbauan kepada masyarakat dengan cara berbeda yaitu memasang stiker bertuliskan ‘Ayo Pakai Masker’ pada kaca mobil masyarakat sebagai bentuk kampanye protokol kesehatan dan menekan penularan Covid-19.

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Toraja Utara terus mengingatkan sekaligus meningkatkan kedisiplinan masyarakat terkait pentingnya menerapkan protokol kesehatan (protkes) dalam kehidupan, seperti memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan.

Kapolres Toraja Utara ,AKBP Yudha Wirajati, S.IK.,M.H beberapa waktu lalu, mengatakan tujuan pemasangan stiker ini untuk mengingatkan dan memberikan imbauan serta ajakan kepada masyarakat agar selalu mentaati dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Pemasangan stiker pada semua mobil baik pribadi atau umum. Sementara untuk kendaraan dinas juga dipasang karena setiap hari melintas dan terlihat oleh masyarakat, sehingga dengan dipasang stiker tersebut dapat mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu memakai masker jika ke luar rumah,” jelas Kapolres Toraja Utara

Ia mengajak masyarakat bersama-sama bersinergi dalam mencegah, mengantisipasidan memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Seperti yang diketahui pemerintah Indonesia telah menerapkan adaptasi kebiasaan baru beberapa waktu lalu. Tentunya dengan melihat data kurva Covid-19 yang ada di lapangan serta usainya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di setiap daerah.

Kepentingan kesehatan dan kebersihan di dalam adaptasi kebiasaan baru memang mesti disosialisasikan. Hal ini terkait dengan tujuh poin penting di dalamnya. Poin-poin ini tentu menggambarkan bagaimana menjaga kesehatan dan kebersihan itu penting di dalam hidup manusia.

Bahkan, poin-poin tersebut akan dikonversikan menjadi protokol kesehatan yang mesti dipatuhi dan ditaati. Disalin dari enervon.co.id, berikut poin-poin yang dimaksud.

Kebersihan Tangan

Seperti yang sudah diketahui bersama, berbagai bakteri sampai virus seperti virus corona dapat menyebarluas dengan mudah karena terjadinya kontak fisik. Kontak fisik yang paling sederhana adalah berjabat tangan.

Oleh karena itu, kebersihan tangan mesti benar-benar dijaga. Bahkan mungkin kedepannya nanti, kita tidak akan bersalaman lagi untuk menghindari hal-hal tersebut. Kemudian, mencuci tangan menggunakan sabun atau minimal membersihkan tangan dengan hand-sanitizer jadi standar untuk memastikan tangan kamu bersih.

Tidak Menyentuh Wajah Sembarangan

Terkait dengan protokol kesehatan yang pertama, selanjutnya adalah menghindari menyentuh wajah jika belum memastikan tangan sudah bersih atau belum. Area wajah seperti mata, hidung dan mulut bisa jadi pintu gerbang yang mudah ditembus oleh penyakit atau virus yang ada di tangan kamu.

Oleh karena itu, pastikan pertama tangan kamu sudah bersih. Kalaupun memang sudah bersih, usahakan untuk tidak menyentuh wajah jika sedang berada di tempat umum karena kamu akan mudah lupa untuk menyentuh benda lainnya.

Tutupi Bersin dengan Lengan Bagian Dalam

Di waktu new normal nanti – banyak hal yang akan berubah dengan cepat, terutama sektor kesehatan. Hal ini mencakup ke etika ketika kamu bersin. Tidak ditutup dengan telapak tangan bagian dalam saja, tapi kamu mesti menutup wajah mu dengan menggunakan lengan bagian dalam.

Hal ini terkait dengan telapak tangan yang bisa saja sudah banyak menyentuh permukaan benda yang disinyalir tidak semuanya bersih. Oleh karena itu, pastikan kamu terbiasa menutup wajah ketika bersin menggunakan lengan bagian dalam.

Menggunakan Masker

Sehat atau sakit, menggunakan masker akan jadi kebiasaan baru di periode new normal nanti. Hal ini terkait dengan anjuran berbagai pihak yang menyatakan penggunaan masker bisa mencegah paparan virus berbahaya seperti Covid-19 ini.

Apalagi jika kamu ingin keluar dari rumah untuk melakukan aktivitas, masker jadi hal yang penting untuk kamu miliki dan kamu gunakan.

Menjaga Jarak

Physical distancing pastinya akan jadi hal yang terbawa-bawa sampai ke periode new normal nanti. Kamu tentunya akan mengatur jarak keberadaan kamu dengan orang lain. Hal ini mengacu kepada anjuran berbagai pihak yang menyatakan ada jarak aman untuk bersosialiasi agar tidak terpapar virus berbahaya jika orang-orang tersebut adalah carrier atau pembawa virus.

Isolasi Mandiri

Jika kamu mengetahui tubuh mu punya gejala-gejala mirip dengan infeksi Covid-19 atau memang sedang tidak sehat, kamu bisa mengkarantina dirimu sendiri di dalam rumah. Karantina atau isolasi mandiri ini tentu akan membantu banyak pihak.

Minum Vitamin

Tidak hanya memenuhi nutrisi tubuh dengan makanan dan minuman yang bisa menjaga daya tahan tubuh terus optimal, mengonsumsi multivitamin juga akan jadi kebiasaan baru, bahkan protokol kesehatan yang baru untuk dilakukan oleh banyak kalangan.(*/UK)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here