Pasien Covid-19 Yang Meninggal Dunia Bertambah Menjadi Dua Di Toraja Utara

906
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Toraja Utara umumkan warga/pasien terkonfirmasi positif Corona berdasarkan Uji deab TCM ( Tes Cepat Molekuler) dan meninggal dunia (MD), Minggu (13/9/2020).

Dalan rilis Juru bicara Satgas Covid-19 Pemkab Toraja Utara, Anugerah Yaya Rundupadang, menyampaikan pasien tersebut seorang pria berusia 53 tahun berdomisili di Kelurahan Malango Kecamatan Rantepao.

“Meninggal dunia pada 13 September 2020 pukul 01.00 Wita di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lakipadada Tana Toraja,” kata Yaya Rundupadang dalam rilisnya.

Pasien tersebut tidak mengalami riwayat perjalanan , namun diketahui orang yang tinggal serumah dengan pasien punya riwayat perjalanan dari luar daerah.

GTPP Covid-19 Toraja Utara melakukan penulusuran terhadap keluarga Almarhum dan dilakukan penelusuran / racing terhadap anggota keluarga di rumah .

Penyemprotan disinfektan sudah dilakukan di rumah pasien dan diminta anggota rumah isolasi diri selama 14 hari.

Pasien sebelumnya mengalami gejala demam disertai sesak nafas saat dirawat di RSUD Lakipadada Tana Toraja.

Penguburan pasien 23 sudah dilaksanakan pukul 10.54 Wita di penguburan Buntulepong dengan protokol pemakaman covid-19 menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

“Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menyatakan turut berduka cita, kiranya segenap keluarga dikuatkan atas kepulangan Almarhum ke sisi Allah SWT,” ucap Yaya.

Juga telah dilakukan tracking (pelacakan) dan tracing (penelusuran) GTPP Covid-19 Toraja Utara terhadap anggota keluarga dan yang pernah kontak dengan pasien 23.

Hingga saat ini telah tercatat dua pasien covid-19 meninggal dunia di Kabupaten Toraja Utara.

Pemerintah Kabupaten Toraja Utara mengajak seluruh masyarakat agar bersama memutus mata rantai penyebaran virus Corona dengan disiplin mengikuti protokol kesehatan yaitu tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan penting, menjaga jarak, menggunakan masker setiap saat dan selalu mencuci tangan, tidak berkerumun dan meningkatkan imun tubuh yaitu berolahraga serta mengkonsumsi vitamin dan makanan bergizi.(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here