Pastikan Ibadah Minggu Terapkan New Normal Wabup Toraja Utara Tinjau Gereja

307
0
Wabup Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, saat meninjau Gereja Toraja Jemaat Saloso, Sabtu (20/6/2020).

Updatekareba.Com, Toraja – Gereja Katolik di Kecamatan Tikala dan Gereja Toraja Jemaat Saloso dikunjungi Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, Sabtu (20/6/2020).

Kunjungan Wabup Toraja Utara untuk memastikan kesiapan Gereja untuk menerapkan New Normal dalam menjalankan ibadah di Gereja itu.

Wabup Rinto dalam setiap kunjungannya mengharapkan warga yang mengikuti kegiatan ibadah melakukan protokol kesehatan.

” Protokoler New Normal yang dilaksanakan dalam kebaktian ini, saya harapkan untuk tetap dilaksanakan dalam setiap kegiatan ibadah selanjutnya dan terus menerus,” ungkap Yosia Rinto Kadang.

Diharapkannya kegiatan ibadah dan kegiatan lainnya harus menerapkan protokol kesehatan.

“Kita belum tahu sampai kapan pandemi Covid 19 ini akan berakhir, namun disisi lain kita juga tidak boleh hanya berada di rumah, kita harus bekerja secara produktif untuk itulah kita harus melakukan tatanan kehidupan baru dengan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas kita,” jelasnya lagi.

Wabup Rinto mengatakan pengecekan tersebut untuk memastikan kesiapan gereja sehubungan dengan akan dibukanya rumah peribadahan. Sekaligus antisipasi, saat memasuki new normal diharapkan tidak ada lagi ledakan kedua kasus terkonfirmasi Covid-19.

“Menghimbau kepada seluruh masyarakat di Toraja Utara, pertama,  untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Kedua menjaga jarak walaupun di tempat peribadahan kita tetap harus wajib menjaga jarak,” ujar Rinto.

Selanjutnya, Wabup Rinto juga mengimbau  masyarakat selalu menggunakan masker.

“Ini yang akan melindungi kita dan saudara-saudara kita semuanya. Jika ini bisa kita jaga (pakai masker), maka saya rasa kita bisa betul-betul mengurangi persebaran virus corona,” imbuhnya.

Rinto pada kesempatan akhir berpesan agar seluruh masyarakat dan tempat peribadahan yang ada di Toraja Utara baik masjid, gereja, untuk berdoa memohon keselamatan.

“Mudah-mudahan kita dijauhkan dari virus corona ini. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan Ibu pendeta saya terima kasih telah diberi waktu di sini mudah-mudahan ini bisa membantu sosialisasi kita semua yang ada di Toraja Utara,” pungkasnya saat pamitan di Gereja Toraja Jemaat Saloso.

Saat ditemui Pdt. Jeni yang meruapakan pendeta di Gereja Toraja Jemaat Saloso menyampaikan melaksanakan ibadah sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

“Dengan mulai dibukanya tempat ibadah saya ucapkan terima kasih banyak. Kami senantiasa mendoakan agar semua diberi keselamatan,” ujarnya.

Untuk diketahui new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun ditambah menerapkan protokol guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Prinsip utama dari new normal itu sendiri adalah dapat menyesuaikan dengan pola hidup.Secara sosial, kita pasti akan mengalami sesuatu bentuk new normal atau kita harus beradaptasi dengan beraktifitas, dan bekerja, dan tentunya harus mengurangi kontak fisik dengan orang lain, dan menghindari kerumunan, serta bekerja, bersekolah dari rumah.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here