Pelantikan Bupati Terpilih Tana Toraja Ditunda, Sekda Ditunjuk Jadi Plh

2966
0
Sekda Tana Toraja, Semuel Tande Bura.

Updatekareba.Com, Toraja – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) pelaksana harian (Plh) kepala daerah di 10 kabupaten kota Sulsel.

Menyusul berakhirnya masa jabatan 10 kepala daerah kabupaten/kota di Sulsel yaitu Kabupaten Selayar, Bulukumba, Gowa, Maros, Pangkep, Barru, Soppeng, Tana Toraja, Luwu Utara, dan Luwu Timur.

Rencana pelantikan tanggal 17 Februari mendatang bertepatan akhir masa jabatan beberapa Bupati di 12 kabupaten dan kota. Kemungkinan besar akan diisi Pelaksana Harian (Plh) oleh Sekretaris Daerah (sekda) masing-masing.

“Juknisnya memang begitu, Kabupaten yang selesai masa jabatan Bupati dan tifak sengketa sambil menunggu SK dr Kemendagri maka Plh itu sekda setempat,” kata Kepala Diskominfo Sulawesi Selatan, Amson Padolo, Selasa (17/2/2021).

Salah satu dari 10 Kabupaten ini yakni Kabupatem Tana Toraja, dimana tanggal 17 Februari 2021 Bupati dan Wakil Bupati, Nicodemus Biringkanae dan Victor Datuan Batara akan berakhir masa jabatannya.

Semuel Tande Bura, selaku Sekda Tana Toraja berpeluang menjadi Plh. Bupati Tana Toraja.

“Info seperti itu tapi belum lihat surat, kita tunggu saja,” ucap Semuel, saat dikonfirmasi soal SK Plh Bupati Tana Toraja.

Sementara saat dikonfirmasi soal jadwal pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja terpilih, Sekda Tana Toraja menyampaikan direncanakan tanggal 26 Februari 2021.

“Rencana tanggal 26 Februari, kalau sudah lengkap persyaratan di kemendagri sudah lengkap. Jadi kita tungggu sajapenegasan dari Kemendagri,” ungkap Semuel Tande Bura.

Untuk diketahui Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja terpilih hasil Pilkada 2020 yakni Theofilus Allorerung dan dr. Zadrak.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here