Pelayanan di Polres Tana Toraja Seperti Mal dan Bank

81
0
Handover (Humas Polres Tana Toraja).

Updatekareba.Com, Toraja – Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto P. Sirait mengingatkan anak buahnya untuk memperbaiki sektor pelayanan publik agar persepsi masyarakat terhadap Polri meningkat.

“Saya ingin mengubah citra kepolisian institusi sipil yang berseragam di Toraja, jadi tidak lagi masuk kantor polisi sebagai kandang macan,” kata AKBP Julianto P. Sirait, Kamis (29/8/2019).

Lebih lanjut, Kapolres menegaskan pelayanan yang dimaksud yaitu pelayanan yang prima mengedepankan kesantunan.

Kantor-kantor polisi atau Polsek di wilayah Polres Tana Toraja harus menerapkan standar pelayanan seperti perbankan, atau pusat perbelanjaan. Oleh karena itu, pihaknya ingin agar tidak saja bangunan fisik yang berubah, tetapi sumber daya manusia dan sistem di dalamnya juga ikut berubah.

“Masuk (kantor) polisi seperti masuk mal agar merasa nyaman, masuk bank yang pelayanan jelas,” ujarnya.

Kapolres Tana Toraja juga mengungkapkan polisi masa kini melayani dengan hati.

Handover (Humas Polres Tana Toraja).

Menurut Kapolres komunikasi Pelayanan Publik merupakan tindak lanjut dari program Kapolri PROMOTER ( Profesional Modern dan Terpercaya ). Diharapkan, anggota semakin tahu dan mampu menjalankan tugasnya dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan muaranya adalah semakin terpercayanya masyarakat kepada Polri.

“Polres Tana Toraja dalam rangka mereformasi dirinya melalui pencanangan pembangunan Zona Integritas  menuju WBK dan WBBM ,” terang Julianto P. Sirait.

Kedepan, lanjut Ujung, Polri mampu memenuhi harapan-harapan masyarakat yang semakin kompleks khususnya Polres Tana Toraja dan Polri pada umumnya. “Polisi masa kini adalah Polisi yang humanis, penuh senyum, sapa, salam  serta menguasai IT,” terangnya.

Handover (Humas Polres Tana Toraja).

Masih kata Julianto, sosok Polisi yang diinginkan masyarakat adalah ramah ,empati, meningkatkan rasa percaya, care  mampu memberi solusi serta mampu mengayomi.

“Kami mengakui bahwa Polri saat ini, sudah mereformasi dirinya dan  jauh berubah menjadi semakin baik terutama didalam pelayanan publik,” ucapnya.

Ada tiga poin yang dirumuskan Polres Tana Toraha yakni:

1.Polisi masa kini adalah Polisi yg humanis, penuh senyum, sapa, salam  serta menguasai IT.

2.Sosok Polisi yg diinginkan masyarakat adalah ramah ,empati, meningkatkan rasa percaya, care  mampu memberi solusi serta mampu mengayomi.

3.Pelayanan di dunia Digital yang Kekinian harus bergerak cepat, mengalami berbagai perubahan karena perkembangan teknologi komunikasi, manusia dan kebutuhannya berubah dan berkembang, dimensi pelayanan berubah, serta munculnya inovasi di dunia pelayanan.

Untuk mewujudkan itu semua, personil Polres Tana Toraja harus mengikuti perkembangan teknologi, dituntut kecepatan pelayanan, running Word atau Dunia sedang Berlari.

Sedang makna Polisi Masa Kini atau Zaman Now, seorang Anggota Polri wajib mengetahui organisasinya, ber visi-misi budaya, serta memahami aturan dan prosedur pelayanan dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

Handover (Humas Polres Tana Toraja).

“Layani semua masyarakat dengan baik karena anda bukan ingin dipuji,” pesan AKBP Julianto P. Sirait.

Salah satu bukti perubahan pelayanan ini terlihat di Ruangan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Tana Toraja kini berubah wajah. Sebelumnya biasa-biasa saja, kini berubah layaknya sebuah ruangan di kantor bank.

Petugas piket dilengkapi dengan komputer juga head seat guna menerima pengaduan masyarakat lewat telepon.

Menurut Kapolres Tana Toraja, ruangan SPKT adalah ruangan bagi masyarakat untuk melapor.

Kapolres berharap dengan adanya ruangan SPKT yang baru, diharapkan kepada masyarakat jangan lagi ragu memberikan laporan kepada polisi.

Juga pelayanan prima nampak dalam pembuatan SIM dan SKCK yang saat ini berbasis On Line.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here