Pemda Torut Gelar Sosialisasi Vaksin Moderna Untuk Masyarakat dan Vaksinasi Untuk Anak Usia 12-17 Tahun

76
0

Updatekareba.com, Toraja – Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara dalam langkah mempercepat pemberian vaksin kepada masyarakat, terkhusus untuk vaksin moderna yang akan diberikan kepada masyarakat umum, Dinas Kesehatan Toraja Utara melaksanakan Sosialisasi Vaksin Moderna Bagi Masyarakat sekaligus Sosialisasi Pelaksanaan Vaksinasi Bagi Anak-anak Usia 12-17 Tahun. Sosialisasi ini berlangsung di Hotel Misiliana, Kesu, Jumat (27/8/2021).

Sosialisasi ini dibuka langsung Sekertaris Daerah, Rede Roni Bare didampingi Kadis Kesehatan, Elizabeth R. Zakaria. Dr. Noverio Tarukallo (spesialis penyakit dalam) sebagai Nara sumber.

Dalam laporannya,  Kepala Dinas Kesehatan Toraja Utara, Elizabet R. Zakaria mengungkaokan tujuan sosialisasi ini untuk menyamakan persepsi informasi kepada masyatakat agar tidak bias.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk menyatukan persepsi tentang vaksin moderna dan vaksinansi kepada anak usia 12-17 tahun, sehingga kita dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat dan menghindar dari informasi HOAX. Pemberian vaksin moderna ini diberikan khusus untuk masyarakat yang belum di vaksin sama sekali, dan bukan lagi untuk Tenaga Kesehatan. Untuk anak-anak usia 12-17 tahun kita berikan vaksin Sinovac,” ungkap Elizabeth R. Zakaria

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan, Sekertaris Daerah menuturkan akan pentingnya sosialisasi ini diadakan, agar peserta yang hadir dapat memberikan informasi yang benar kepada masyarakat.

“Kita bersyukur kasus covid-19 sudah mulai menurun, dan untuk isoman sudah mulai berkurang. Untuk menjaga imun, kita harus menerapkan pola hidup sehat, makan teratur, olahraga, konsumsi vitamin, yang paling utama aspek mental (spikologi), sehingga tidak terjadi ketakutan yang berlebihan yang dapat menurunkan imun masyarakat. Vaksin ini merupakan salah satu kebutuhan kita untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus corona, mari kita bersama mensukseskan vaksinasi moderna untuk masyarakat dan vaksin Sinovac untuk anak-anak usia 12-17 tahun. Saya harap seluruh peserta yang hadir dalam sosialisasi ini agar mengikuti dengan baik agar informasi yang diberikan oleh nara sumber menambah informasi yang akan kita bagikan kepada masyarakat,” ungkap Rede Roni Bare,  Sekertaris Daerah Kabupaten Toraja Utara.

dr. Noverio Tarukallo selaku nara sumber dalam sosialisasi ini menuturkan pentingnya masyarakat mengenal tentang perbedaan vaksin Moderna dan vaksin sinovac, efek dari pemberian vaksin, dan langkah pencegahannya.

“Vaksin Moderna ini lebih kuat dari vaksin sinovac, oleh sebab itu vaksin moderna ini memiliki efek samping bagi penerimanya. Efek samping tersebut antara lain Nyeri Kemerahan dan bengkak pada tempat suntikan, kelelahan, nyeri kepala, menggigil, demam, nyeri otot, dan mual. Ada pula efek lain, tetapi masih sangat jarang terjadi, yaitu terjadi keradangan pada jantung (miokarditis/perikarditis) dan Alergi Berat (anafilaksis). Semua efek dari vaksin moderna ini melatih dan membentuk anti body kita yang dapat meredam virus corona,” ungkap dr. Noverio Tarukallo.

Narasumber yang memiliki gelar dokter spesialis penyakit dalam ini mengungkapkan bahwa ada langkah antisipasi untuk meredam efek dari vaksin moderna.

“bagi masyarakat yang menerima vaksin moderna ini harus istirahat dan tidak melakukan aktivitas yang berat selama 7 hari. Selain itu siapkan selalu di rumah obat penurun demam dan obat anti alergi. Namun jangan digunakan jika masih bisa di tahan gejala efek sampingnya karena anti alergi dan obat penurun panas tersebut bisa membuat vaksin tidak bekerja. Janganlah berfikiran negatif akan efek yang timbul dari vaksin moderna ini, karena efek yang kita alami menandakan bahwa vaksin moderna ini bekerja dengan baik dalam tubuh kita. Harapan saya agar masyarakat tidak mudah menerima hoax tentang vaksin, lebih baik konsultasi langsung kepada dokter di masing-masing puskesmas,” ungkap dr. Noverio.

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut yakni Kadis Pendidikan dan Kadis Kominfo Toraja Utara, Jubir Satgas Covid-19, para Camat, Nakes dan Kepala PKM, Lurah dan Lembang, serta para Kepala Sekolah SMP, SMA dan SMK.(**/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here