Pemerintah Buka Beasiswa LPDP Tahap 2

162
0

UPDATEKAREBA.COM, JAKARTATahun ini, LPDP kembali menargetkan untuk memberi beasiswa kepada sekitar 4.000 penerima.

Kementerian Keuangan kembali membuka pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) pada 4 Juli hingga 5 Agustus 2022. Pada tahap 2 ini, ada tiga kelompok beasiswa yang dibuka untuk mahasiswa, PNS, TNI, Polri, ulama, dan wirausaha.

Sebelumnya, LPDP tahap 1 dibuka pada Maret 2022 untuk masa perkuliahan pada Agustus 2022 ini. Adapun untuk LPDP tahap 2 untuk perkuliahan pada Januari 2023.

Seperti dikutip dari laman LPDP, tiga kelompok penerima beasiswa jenjang S2 (magister) dan S3 (doktor) tersebut terdiri dari beasiswa afirmasi, umum/reguler dan targeted.

Untuk beasiswa afirmasi sendiri, terbagi atas, Beasiswa Putra Putri Papua, Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Penyandang Disabilitas, dan Beasiswa Prasejahtera.

Sedangkan, untuk beasiswa umum, terdiri Beasiswa Reguler Dalam dan Luar Negeri, Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia dan Beasiswa Co-Funding.

Sementara beasiswa targeted, dikhususkan untuk Beasiswa Pendidikan Kader Ulama, Beasiswa PNS, TNI, dan Polri, dan Beasiswa Kewirausahaan.

Proses seleksi beasiswa LPDP terdiri dari seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, dan seleksi substansi.

Seperti dilansir dari laman https://lpdp.kemenkeu.go.id/ berikut ini link atau tautan cara pendaftarannya.

  1. Mendaftar secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/;
  2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran;
  3. Memastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran;
  4. Memastikan dokumen-dokumen pendukung seperti Surat Rekomendasi, Surat Keterangan atau yang sejenis dibuat/diterbitkan pada tahun 2022 (informasi detail terkait dokumen dapat dilihat pada Buku Panduan Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia 2022 yang ada di laman https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
  5. Calon penerima beasiswa harus memastikan pilihan dan persyaratan dari masing-masing program beasiswa, mengingat setiap program berbeda persyaratannya.

 

Proses Seleksi akan dilakukan dengan menyesuaikan kebijakan pemerintah terkait pandemi Covid-19. Proses seleksi dapat dilakukan secara daring atau luring, atau gabungan daring dan luring (hibrida) menyesuaikan kebijakan pemerintah tersebut.

Dengan begitu, pada aplikasi pendaftaran, pendaftar harus memilih kota/lokasi seleksi yang disediakan oleh LPDP. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi jika nantinya seleksi akan dilakukan secara luring atau hibrida.

Jadwal lengkap Beasiswa LPDP tahap 2:

  1. Pendaftaran beasiswa: 4 Juli–5 Agustus 2022
  2. Seleksi Administrasi: 8–19 Agustus 2022
  3. Pengumuman hasil seleksi administrasi: 22 Agustus 2022
  4. Seleksi bakat skolastik: 29 Agustus 2022–10 September 2022
  5. Pengumuman hasil seleksi bakat skolastik: 15 September 2022
  6. Seleksi substansi: 26 September–4 November 2022
  7. Pengumuman hasil seleksi substansi: 11 November 2022.

 

Sebagai upaya pemerataan keadilan dan akses pendidikan di tanah air, sejak 2013 sampai 2021 pemerintah melalui Kemenkeu sudah memberikan beasiswa LPDP kepada sekitar 29.872 orang. Termasuk penerima pada 2021 yang mencapai 4.266 orang.

Pada tahun ini, LPDP kembali menargetkan untuk memberikan beasiswa kepada sekitar 4.000 penerima.

Dari jumlah tersebut sebanyak 15.631 alumni penerima beasiswa LPDP telah bekerja di berbagai sektor, di mana 62,8 persen di antaranya bekerja di sektor publik seperti akademisi, peneliti, ASN, pegawai profesional, hingga TNI/Polri.

Sementara itu, sisanya 35 persen bekerja di sektor privat, dan 2,2 persen di sektor sosial.(*/uk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here