Pemkab Toraja Utara Canangkan 12 Desa Jadi Desa Wisata

663
0
Handover

Updatekareba.Com, Toraja – Bupati Toraja Utara, DR. Kalatiku Paembonan, M.Si membuka langsung Launching Desa Wisata Lembang Nonongan yang berlangsung di Tongkonan Layuk, Dusun Borong, Lembang Nonongan.

Launching Desa Wisata Lembang Nonongan dihadiri juga oleh Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Torut, Harli.P, Kadis Ketahanan Pangan, Barnetje S.Toban, Kabid Komunikasi Publik Dinas Kominfo SP, Yaya Rundupadang, Camat Sopai, Marthen Panggalo, Kepala Lembang Nonongan, Ibrahim Lapu, Tokoh Pariwisata, Allosius Lande, tokoh-tokoh masyarakat dan adat,tokoh pemuda, serta mahasiswa-mahasiswi Politeknik Pariwisata Makassar.

Launching Desa Wisata Lembang Nonongan ini dimeriahkan oleh Musik Bambu yang dipimpin langsung oleh salah satu Maestro Musik Bambu, Yunus Parante yang mulai berkecimpung di dunia music bambu sejak 1966.

Selain musik bambu, ditampilkan pula tarian “Tempurung” dan Tarian “Pa Dena-Dena”.

Selain tari-tarian di pamerkan pula hasil-hasil kerajinan tangan masyarakat lembang nonongan.

Dalam sambutannya, Kalatiku Paembonan menuturkan Desa Wisata merupakan salah satu program kami. Oleh dengan itu mata Rantai pariwisata dapat dikembangkan, sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, seperti pengrajin kerajinan tangan, petani dan lainnya.

“Oleh sebab itu, dalam pengembangan des wisata, saya harapkan agar masyarakat turut mengambil bagian seperti menjaga kebersihan, menjaga objek-objek wisata serta memperindah lingkungan dan objek wisata. Dengan adanya Desa Wisata ini, pengurus yang terbentuk harus memastikan meningkatnya pendapatan masyarakat di Lembang Nonongan,” kata Kalatiku Paembonan.

Dalam sesi wawancara, Camat Sopai mengungkapkan Desa Wisata ini dapat meningkatkan PAD kedepannya.

“Saya mengajak masyarakat untuk turut menjaga kebersihan, keamanan serta meningkatkan kreatif hasil kerajinan tangan yang ada. Harapan kedepannya, semoga lembang dan lurah di Kecmatan Sopai yang lain dapat menjadikan daerahnya menjadi Desa Wisata pula,” ujar Camat Sopai, Marthen Panggalo.

Senada dengan Camat Sopai, Kepala Lembang Nonongan, Ibrahim Lapu’ menuturkan bersyukur, Lembang Nonongan terpilih dari 12 desa wisata yang direncanakan oleh Pemkab Toraja Urara. Dengan adanya Desa Wisata, harapan perekonomian di masyarakat dapat meningkat.

“Kedepannya masih banyak yang harus di perbaiki dari infrastruktur (jalan menuju ke objek-objek wisata) dan pengembangan objek wisata sangat kami harapkan bantuan dan perhatian dari pemerintah daerah, terlebih kepada dinas Pariwisata dan Kebudayaan,” ucap Ibrahim Lapu’.(Gabriel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here