Pemkab Toraja Utara Siapkan Surat Keterangan Sehat Bagi Calon Mahasiswa Baru Secara Gratis

513
0
Wabup Toraja Utara Yosia Rinto Kadang (kanan) saat koordinasi dengan Dinas Kesehatan, Rabu (8/7/2020).

Updatekareba.Com, Toraja – Pemkab Toraja Utara melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, menyediakan surat keterangan berbadan sehat gratis untuk calon mahasiswa baru

Seperti disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Toraja Utara, Elizabeth, didepan Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, Pemkab memberikan layanan surat keterangan sehat gratis untuk semua calon mahasiswa baru tanpa pengecualian.

Sejumlah perguruan tinggi rencananya akan melaksanakan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Juli ini.

Mereka yang keluar dab datang ke daerah harus memiliki surat keterangan sehat dari dokter yang memiliki Surat Izin Praktik (SIP).

Kepala Dinas Kesehatan Toraja Utara menjelaskan agar tidak memberatkan calon mahasiswa, maka mereka tidak diwajibkan membawa hasil rapid diagnostick test (RDT).

Elizabeth menerangkan, dari pihak penyelenggara, dalam hal ini Kementerian Pendidikan sudah mempunyai protokol yang sudah cukup ketat.

Para calon mahasiswa baru juga bisa melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan yang ada di Toraja Utara atau di klinik milik Perguruan Tinggi.

“Yang jelas ada surat keterangan sehat dari faskes kesehatan yang dokternya sudah mempunyai SIP atau surat izin praktik. Dengan adanya SIP kita harapkan melakukan pemeriksaan sesuai kode etik dan profesionalismenya. Sehingga hasil pemeriksaan kesehatan bisa dipakai ke luar Toraja Utara” urainya.

“Karena setiap calon mahasiswa wajib membawa surat keterangan sehat, nanti dikampus tempat mendaftar baru lakukan Rapid Test,” Kata Elizabeth.

Lebih lanjut Elizabeth menjelaskan bahwa setiap calon mahasiswa bisa mendapatkan layanan surat keterangan dengan membawa foto copy KTP dan menunjukkan KTP asli.

“Jika alamat di KTP benar menunjukkan warga Kabupaten Toraja Utara dan untuk kepentingan pendaftaran di kampus, bisa langsung dilayani yang di semua puskesmas di wilayah Kabupaten Toraja Utara,” jelasnya.

Layanan gratis ini tidak berlaku di rumah sakit dan klinik, serta laboratorium swasta. Karena hanya bisa dilayani di fasilitas layanan kesehatan milik pemerintah kalau di luar itu ada biaya yang harus ditanggung sendiri atau mandiri.

Ditambahkan Kadis Kesehatan, adanya layanan surat keterangan sehat bagi calon mahasiswa baru diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Sekaligus mengantisipasi penyebaran dan memutus rantai penularan Covid-19, bagi mahasiswa yang akan kuliah ke luar daerah,” pungkasnya.

Semnetara Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang menegaskan bahwa Pemkab Toraja Utara tidak mempersulit calon mahasiswa baru yang akan mendaftar ke perguruan tinggi di luar Toraja Utara dalam pengurusan surat keterangan sehat.

“Yang saya tekankan kepada adik – adik calon mahasiswa baru mereka harus tetap bisa menjaga pola hidup bersih dan sehat,” tutupnya.

Sementara itu, informasi terbaru sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan No : HK.02.02/I/2875/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Rapid Test Antibodi yang dikeluarkan tertanggal 6 Juli 2020. Disebutkan jika batasan tarif tertinggi Rapid Test antibodi adalah Rp 150.000. Besaran tarif tersebut berlaku bagi masyarakat yang melakukan Rapid Test, atas kemauan sendiri atau mandiri.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here