Pendaftaran Calon Paslon Pilkada 2020, Polres Tana Toraja Libatkan Personil Brimob

107
0

Updatekareba.Com, Toraja – Hari pertama tahapan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja pada Pilkada 2020, Polres Tana Toraja menurunkan personil pengamanan dengan kekuatan 131 personil, di back up oleh 31 personil BKO Brimob Polda Sulsel di pimpin Ipda Andi Eka, dan Personil Kodim 1414 / Tator sebanyak 9 personil yang dipimpin Letda Inf. Marthen TM, Jumat (04/09/2020).

Bukan hanya personil dari TNI Polri, dari unsur Dishub, dan satpol PP juga terlibat aktif melakukan pengaturan jalur bersama personil Sat Lantas, dengan pengamanan jalur dibawah koordinasi Kasat Lantas Polres Tana Toraja, Iptu H. Muh. Nawir. S.Sos.

Konfirmasi yang diperoleh dari Kabag Ops Polres Tana Toraja Kompol Pither Marimbun menyebutkan bahwa pengamanan yang dilaksanakan ini dilakukan di 2 titik konsentrasi, yaitu di plaza kolam Makale dan di kantor KPU Tana Toraja.

Perlu diketahui, Bapaslon yang dijadwalkan akan melakukan pendaftaran di KPU Tana Toraja di hari pertama pendaftaran calon adalah Bapaslon Albertus Patarru’ – John Diplomasi, pasangan ini di usung Parpol PDI Perjuangan, Hanura, dan Berkarya.

Sebelum melakukan pendaftaran di KPU Tana Toraja, Bapaslon Albertus Patarru’ – John Diplomasi melakukan deklarasi di Plaza Kolam Makale yang di hadiri oleh ratusan simpatisannya.

Untuk mengamankan jalannya deklarasi, aparat gabungan di tempatkan di lokasi ini, dibawah koordinasi AKP. Sulaeman Abu, Kasat Sabhara.

Bapaslon Albertus Patarru’ – John Diplomasi, Nicodemus Biringkanae – Victor Datuan Batara, dan Theofilus Allorerung – dr. Zadrak telah mendaftar ke kantor KPU Tana Toraja dengan di iringi oleh ketua Parpol Pengusung dan simpatisan.

“Setelah acara deklarasi selesai, personil pengamanan digerakkan ke titik konsentrasi pengamanan selanjutnya, yaitu dikantor KPU Tana Toraja, teknis pengamanannya merujuk pada keputusan KPU Tana Toraja, yaitu Bapaslon di persilahkan melakukan pendaftaran dengan di iringi oleh Ketua Parpol Pengusung, dan disertai dengan 30 simpatisan, dengan dasar ini aparat pengamanan hanya mengizinkan 30 simpatisan yang di perbolehkan memasuki area kantor KPU Tana Toraja yang dilengkapi dengan ID Card, koordinator pengamanan adalah Kabag Ops Kompol Pither Marimbun,” Kata Pither Marimbun.

Sementara itu Kapolres Tana Toraja AKBP. Liliek Tribhawono Iryanto SIK MM hadir di kantor KPU Tana Toraja, saat Bapaslon Albertus Patarru’ – John Diplomasi melakukan pendaftaran.

“Iya, pimpinan hadir di tengah personil pengamanan, memberikan penguatan moril dan semangat kepada seluruh personil gabungan, jadi bukan hanya kepada personil Polri semata , tapi untuk penguatan kepada seluruh personil gabungan yang didalamnya ada unsur TNI, Sat Pol PP dan Dishub Tana Toraja,” Kata Pither Marimbun membenarkan.

Keterangan lanjut dari Pither Marimbun menyebutkan, pelibatan personil Polres Tana Toraja pada hari pertama pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja 2020 terdiri dari, Sat Sabhara, Sat Reskrim ( Resmob ), Sat Intelkam, Sat Lantas, Sat Res Narkoba, dan puluhan Polwan, berikut perwira perwira jajaran Polres Tana Toraja.

“Kami wajib memberikan pengamanan dan pelayanan maksimal pada proses pendaftaran calon, teknis ini akan kami terapkan pula pada pendaftaran Bapaslon selanjutnya, sebagaimana petunjuk teknis dan arahan pimpinan ( Kapolres Tana Toraja ).

Sebagai informasi tambahan, pengamanan juga di berikan pada kantor Bawaslu Tana Toraja.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here