“PENTINGNYA PENCEGAHAN COVID-19” Oleh : Dr. dr. Siswanto Pabidang, SH, MM

236
0
Siswanto Pabidang.

Updatekareba.Com – Satu bulan belakangan ini kasus Covid-19 meningkat lagi di mana sebelumnya mulai menurun dan ada harapan pelonggaran aktivitas dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Karena adanya peningkatan kasus Covid-19 ini maka beberapa tindakan dilakukan oleh Pemerintah adalah pengetatan dalam kegiatan termasuk acara akhir tahun dan menyambut tahun baru, melakukan pemeriksaan Rapid tes Antigen untuk penerbangan, bahkan ada daerah yang menutup tempat wisata.

Himbauan PGI (Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia) kepada semua Pimpinan Gereja Anggota PGI tentang Perayaan Natal di Masa Pandemi, menitikberatkan 4 poin antara lain semua gereja mengedukasi warga jemaatnya tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19, selama Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru tetap waspada agar terhindar dari penularan virus, dan aktivitas bepergian untuk dihindari.

Untuk di Toraja sendiri, Pemerintah Kabupaten Toraja Utara telah mengeluarkan Maklumat Bersama Forkopimda Toraja Utara, dengan 6 poin antara lain menunda sementara kegiatan sosial kemasyarakatan seperti rambu tuka’ dan rambu solo’, membatasi jam operasional tempat usaha, penutupan tempat hiburan selama 3 hari (tanggal 24, 25, dan 31 Desember), dan wisatawan atau penduduk yang masuk wilayah Toraja Utara harus memperlihatkan bukti Rapid tes Antibodi/Antigen.

Bahkan himbauan Kapolres Toraja Utara telah sampai ke tingkat Kapala Lembang tentang larangan mengeluarkan ijin keramaian.

Menyikapi semua itu maka kita sebagai warga masyarakat agar benar-benar memperhatikan aturan dan himbauan tentang pentingnya pencegahan Covid-19.

Pencegahan yang paling sederhana adalah dengan menerapkan protokol kesehatan 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir/pakai handzanitizer, dan menjaga jarak/menghindari kerumunan.

Nah, bagaimana bila seseorang telah terpapar atau kontak dengan seseorang yang telah positif Covid-19?

Jika ada seseorang yang telah kontak dengan penderita positif Covid-19 (termasuk jenazah) maka segera dilakukan 3T (testing, tracing dan treatment) oleh petugas kesehatan.

Tindakan tersebut di atas bertujuan untuk memutus rantai penularan Covid-19 dan tentunya pencegahan kepada masyarakat secara luas.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here