Penyeberangan di Selayar Rute Bira – Pamatata Makin Cepat dan Mudah

170
0

Updatekareba.Com, Jakarta – KMP Takabonerate telah sukses beroperasi perdana pada 7 Juni 2021 lalu melayani rute Bira – Pamatata. Masyarakat Selayar mengapresiasi kehadiran kapal roro baru yang dioperasikan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), sehingga akses transportasi masyarakat dari Bima – Pamatata kini semakin mudah, cepat dan nyaman.

Sekretaris Perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengatakan, pengguna jasa yang menggunakan KMP Takabonerate kini dapat menikmati perjalanan yang aman dan nyaman dengan waktu tempuh Bira – Pamatata menjadi lebih singkat, sekitar 85 menit.

Hal ini sudah dibuktikan dalam pelayaran perdana KMP Takabonerate yang melayani masyarakat Selayar pada Senin (7/6/2021) lalu bersama dengan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setijadi, Wakil Bupati Selayar Saiful Arif, Kadishub Selayar Suwardi, serta GM ASDP Selayar Umar Imran Batubara.

Tepat pukul 06.45 waktu setempat, kapal secara resmi berlayar perdana dari Bira pukul 06.45 dan sandar di Pamatata jam 08.10. Kapal memuat 20 kendaraan kecil, dua unit bus dan belasan kendaraan roda dua.

“Kehadiran KMP Takabonerate di lintasan Bira – Pamatata akan semakin memperkuat konektivitas penyeberangan dan sektor logistik masyarakat Selayar. Tidak hanya mendukung akses transportasi, tetapi juga mendongkrak sektor perekonomian masyarakat karena semakin banyak kapal yang tersedia sebagai sarana angkutan penghubung antar daerah,” jelas Shelvy melalui keterangan tertulis, Minggu (13/6/2021).

Lebih lanjut Shelvy mengemukakan, dalam pelayaran perdana kemarin, pengguna jasa merespon positif kehadiran KMP Takabonerate. Penumpang mengaku senang dan mengapresiasi atas peningkatan pelayanan penyeberangan di Selayar, khususnya di lintasan Bira – Pamatata.

“ASDP akan terus bersinergi dengan Pemerintah pusat, daerah dan BUMN dalam memberikan pelayanan transportasi yang prima kepada masyarakat. ASDP juga akan terus melakukan pengawasan serta mengarahkan para penumpang dan pengusaha angkutan yang menggunakan jasa KMP Takabonerate agar tertib dan tetap menjaga protokol kesehatan,” ujarnya.

Untuk diketahui, KMP Takabonerate yang berukuran 500 GT ini berkapasitas penumpang 265 orang dan 52 unit kendaraan campuran. Kapal roro ini memiliki panjang seluruh 46,80 meter, panjang antara garis tegak (LBP) 41,56m, Lebar 12 m, Sarat air 2,60 m, dan Tinggi 3,70 m, dengan kecepatan 13 knot.(**/UK)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here