Penyerahan Syarat Dukungan Perseorangan di Pilkada Tana Toraja Dipersingkat

312
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja mengubah jadwal tahapan pemilihan kepala daerah untuk pencalonan jalur perseorangan. Penyerahan berkas syarat dukungan untuk bakal calon dibuka pada 19-23 Februari 2020.

Jadwal itu diundur yang semula, pada 11 Desember hingga 5 Maret 2020. Perubahan jadwal tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan atas PKPU 15/2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada.

“Dampak dari diundangkannya PKPU 16 adalah perubahan jadwal penyerahan syarat dukungan untuk calon yang ingin maju melalui jalur perseorangan. Rentang waktunya jadi lebih singkat,” kata Ketua KPU Tana Toraja, Rizal Randa, melalui keterangan tertulis, Rabu (4/12/2019).

Jadwal pendaftaran pasangan calon tidak berubah

Bakal calon perseorangan di pilkada diharuskan melampirkan syarat dukungan warga ditandai surat pernyataan dan salinan e-KTP. Mereka yang dianggap memenuhi syarat, dibolehkan maju pada pendaftaran pasangan calon, yang dibuka bersamaan dengan pendaftaran paslon dari jalur partai politik.

Rizal Randa menyebutkan, jadwal seputar pencalonan perseorangan mengalami sejumlah perubahan. Di antaranya alur dan jadwal penelitian jumlah dukungan, verifikasi adminsitrasi dan faktual, hingga perbaikan syarat dukungan.

“Yang tidak berubah adalah jadwal pendaftaran calon bagi partai maupun perseorangan, yang tetap pada 16-18 Juni 2020,” Rizal Randa menerangkan.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tana Toraja mengumumkan bahwa Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tana Toraja Nomor : 811PL.02.2- Kpt731 8/KPU-KablN 2O19 tentang Penetapan Jumlah Minimum Syarat Dukungan dan Persebaran Dukungan Pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tana Toraja Tahun 2020.

Jumlah minimum syarat dukungan Pasangan Calon Perseorangan sebanyak 16.266, dukungan dan minimal tersebar pada 10 Kecamatan di Kabupaten Tana Toraja.

Tempat Penyerahan Dokumen di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tana Toraja, Jl. Tongkonan Ada’ nomor 2 Makale.

Waktu Penyerahan Dokumen
Dokumen diserahkan pada tanggal 19 -23 Februari 2020 dengan ketentuan tanggal 19 – 22 Februari 2020 pelayanan dilakukan pada pukul 08.00 – 16.00 Wita.

Tanggal 23 Februari 2020 pelayanan dilakukan pada pukul 08.00 – 24.00 wita.

Dokumen Dukungan meliputi :

a. Formulir Model B.1-KWK Perseorangan Surat Pernyataan Dukungan pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, oleh setiap pendukung yang ditempeli fotocopy Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau dilampiri Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh instansi benivenang, sebagaimana dimaksud pada surat Edaran KPU Rl Nomor : 20961PL.02.4-
SDlO1lKPUlXlzO1g tanggal 22 Oktober 2019. Jumlah dokumen sebanyak 3 rangkap masing-masing 1 rangkap asli dan 2 rangkap salinan.

b. Formulir Model 8.1 .1-KWK Perseorangan Surat Pernyataan Pasangan Calon Perseorangan berupa tabel daftar nama pendukung yang ditandatangani oleh bakal pasangan calon perseorangan dan dibubuhi materai. Jumlah dokumen
sebanyak 3 rangkap yang terdiri dari 1 rangkap asli dan 2
rangkap salinan yang dicetak dari aplikasi SILON.

c. Formulir Model B.2-KWK Perseorangan Rekapitulasi Jumlah Dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.
Jumlah dokumen sebanyak 3 rangkap yang terdiri dari 1 rangkap
asli dan 2 rangkap salinan yang dicetak dari aplikasi SILON.

Untuk informasi lebih lanjut, KPU Kabupaten Tana Toraja menyediakan layanan
Helpdesk Pencalonan Perseorangan pada setiap hari kerja jam 09.00 – 16.00 Wta.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here