PERCEPATAN PENYALURAN DAK FISIK DAN DANA DESA TAHUN 2021, KPPN MAKALE KOORDINASI DENGAN BUPATI TANA TORAJA

183
0

Updatekareba.com, Toraja – Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa merupakan salah satu instrumen fiskal pemerintah pusat dengan salah satu tujuan utamanya adalah untuk menstimulus perekonomian daerah melalui pembangunan Fisik daerah dan pengembangan ekonomi desa. Hal tersebut akan terwujud jika penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tersebut dilakukan secara cepat, tepat dan sesuai sasaran utamanya.

Dalam rangka koordinasi percepatan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tahun 2021 tersebut , pada Hari Jumat tanggal 11 Juni 2021 bertempat di rumah jabatan Bupati Tana Toraja, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Makale, Susilo Tri Anggono melaksanakan pertemuan dengan Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung. Dalam kesempatan tersebut ikut mendampingi Bupati Tana Toraja, hadir pula Sekda Tana Toraja, Semuel Tande Bura dan Kepala BPKAD Tana Toraja, Margareta Bunga Batara.

Dalam pertemuan tersebut, Susilo Tri Anggono selaku Kepala KPPN Makale yang baru menjabat di awal bulan Juni ini mengawali dengan perkenalan diri yang kemudian dilanjutkan dengan perbincangan santai dan diskusi terkait alokasi dan realisasi penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tahun 2021.

Pada tahun 2021, Pemerintah Daerah Tana Toraja memperoleh alokasi DAK Fisik sebesar Rp126,1 miliar, lebih besar dibandingkan dengan alokasi DAK Fisik untuk Tahun 2020 yang nilainya sebesar Rp92,2 miliar. Sedangkan alokasi Dana Desa Tahun 2021 untuk Pemerintah Daerah Tana Toraja sebesar Rp124,7 miliar yang dialokasikan untuk 112 desa juga lebih tinggi dibandingkan dengan alokasi Dana Desa tahun 2020 yang sebesar Rp124,5 miliar.

Adapun realisasi penyaluran Dana Desa tahun 2021 telah mencapai Rp 32,4 miliar atau 25,97% dari alokasi dananya dengan rincian penyaluran Dana Desa Tahap I (non BLT) sebesar Rp16 miliar untuk 111 desa, BLT Desa bulan ke-1 sebesar Rp4,7 miliar untuk 111 desa dan BLT bulan ke-2 sebesar Rp1,6 miliar untuk 41 desa serta penyaluran dana desa untuk penanganan COVID-19 yakni 8% dari pagu Dana Desa setiap desa sebesar Rp9,9 miliar untuk 112 desa.

Pada kesempatan tersebut, Kepala KPPN Makale menyampaikan pentingnya dukungan dari Bupati Tana Toraja sebagai kepala daerah beserta jajarannya untuk dapat mengakselerasi dan menggerakkan semua elemen terkait dalam rangaka percepatan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tahun 2021.

Bupati Tana Toraja memberikan sinyal baik dan bersedia untuk mendukung sepenuhnya akselerasi penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tahun 2021 dengan mengambil langkah-langkah strategis antara lain dengan meminta komitmen para Kepala Dinas terkait dan Kepala Desa untuk dapat segera memenuhi dokumen persyaratan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tersebut.

Bupati Tana Toraja berharap agar koordinasi antara KPPN Makale dan Pemerintah Daerah Tana Toraja berlanjut terus untuk mengawal percepatan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tahun 2021.(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here