PERDAMI Baksos Operasi Katarak Gratis Di Toraja

563
0
PERDAMI Baksos operasi katarak gratis di Toraja Utara, Sabtu (22/6/2019).

Updatekareba.Com, Toraja – Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) menggelar Bakti Sosial Nasional Operasi Katarak Gratis di rumah sakit Elim Rantepao, Toraja Utara, Sabtu (22/6/2019) siang

Sekitar 150 pasien yang siap dioperasi katarak dari 300-san pendaftar yang telah melakukan pemeriksaan (screening) selama dua hari.

Dokter Spesialis Mata yang mengambil bagian dalam baksos nasional ini terdiri dari 6 dokter spesialis mata dari Perdami Sulsel dan 15 dokter spesialis mata dari berbagai provinsi.

Di sesi wawancara, Ketua Persatuan Dokter Mata Indonesia Sulawesi Selatan, Dr. Habibah S. Muhidin, Sp. M menuturkan, Perdami sangat serius menekan angka kebutaan yang diakibatkan oleh katarak. Untuk Sulawesi Selatan di Toraja dan Toraja Utara angka kebutaan akibat Katarak masih sangat tinggi, oleh sebab itu, Bakti Sosial Nasional untuk tahun ini diadakan di Toraja Utara.

“Katarak bukanlah sebuah penyakit, tetapi katarak terjadi akibat penuaan mata. Beberapa unsur yang menyebabkan penuaan mata adalah cahaya matahari dan stunting. Orang yang sering bekerja dilapangan akan lebih cepat terkena katarak. Salah satu menjaga mata adalah dengan menjaga pola hidup dan sering mengkonsumsi buah-buahan”,tambahnya.

Senada dengan Ketua Perdami Sulsel, Direktur Rs. Elim Rantepao, Dr. Hendrik Saranga menuturkan yayasan dan RS. Elim sangat mendukung kegiatan bakti sosial ini demi menekan angka kebutaan yang disebabkan oleh katarak serta rasa kepedulian kami kepada orang tua kita dimasa tuanya mengalami harus mengalami katarak.

“Rs. Elim Rantepao sendiri kedepannya akan berupaya menyiapkan fasilitas untuk mengobati penyakit mata. Untuk sementara kami telah menyekolahkan dokter yang kompeten”,tambahnya.

Selain itu, salah satu dokter senior Toraja, Dr. J. Palimbong menuturkan sangat mengapresiasi kepada Perdami dan Dokter mata dari berbagai provinsi yang hadir dan memilih Toraja Utara untuk kegiatan Bakti Sosial Nasional ini. Dengan kegiatan inilah, angka kebuataan akibat katarak dapat ditekan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat di Toraja Utara pada khususnya bahwa mata sangat penting untuk dijaga, terlebih pada era modern sekarang terlebih pada pemakaian alat elektronik seperti handphone untuk anak-anak yang harus diminimalisir.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here