Peringatan HPN 2020, Yonathan Pasodung : Pers Miliki Peran Strategis

270
0
Yonathan Pasodun.

Updatekareba.Com, Toraja – Puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2020 berlangsung di Banjar Baru Kalimantan Selatan.

Tema acara HPN tahun ini adalah ‘Pers Menggelorakan Kalimantan Selatan Sebagai Gerbang Ibu Kota Negara’. Membuka acara, Presiden Jokowi mengucapkan selamat kepada seluruh insan pers yang ada di seluruh Indonesia.

“Selamat hari pers kepada insan pers, dimanapun suara berada. Saya selalu berusaha hadir di setiap kegiatan HPN, ini demi hari Pers Nasional,” jelas Jokowi.

Presiden Jokowi yang hadir dengan kemeja khas putihnya mengaku menyempatkan diri menghadiri peringatan HPN 2020 di tengah kesibukannya.

“Dalam perjalanan menuju Canberra saya membelokkan perjalanan ke Banjarmasin. Sekali lagi ini demi HPN,” ucapnya.

Jokowi juga mengingatkan kembali peran pers dalam berbangsa. Ia menuturkan selain sebagai lembaga untuk memberitakan kinerja pemerintah, pers juga berkontribusi menjaga kondusivitas bangsa.

“Peran pers diharapkan tidak menambah kepanikan. Negara sangat membutuhkan dalam perspektif yang jernih,” ujarnya.

Pada HPN 2020 Presiden Joko Widodo didampingi  sejumlah menteri kabinet Indonesia Kerja Jilid 2. Selain itu, turut mendampingi Gubernur Kalimantan Selatan Sabhirin Noor, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua Dewan Pers M. Nuh dan Ketua Umum PWI Atal S Depari.

Tampak juga Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendy. Selain itu, ada juga Menkum HAM Yasonna Laoly, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar.

Selain itu, terlihat hadir juga Staff Khusus Milenial Presiden Putri Tanjung, Aminuddin Ma’ruf, Andi Taufan Garuda Putra, Gracia Billy Mambrasar.

Bakal Calon Wakil Bupati Toraja Utara, Yonathan Pasodun, turut menyampaikan dukungan dan apresiasi terhadap HPN Tahun 2020. Menurut Yonathan, pers sebagai mitra memiliki peran yang sangat penting dan strategis untuk senantiasa berkontribusi menginformasikan pembangunan yang dilakukan Pemerintah.

“Hari Pers Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 februari, pers mempunyai peran yang sangat penting di dalam pembangunan nasional di hampir semua tingkatan penerintahan oleh karena itu maka setiap ko pemerintahan harus mampu bersinergi dengan komponen pers, masyrakat dan pemerintah,” kata Yonathan.

Menurut calon Pendamping Yosia Rinto Kadang ini, demokrasi tidak dapat dipisahkan dari keberadaan pers. Karena, pers merupakan pilar demokrasi ke empat, pers turut berperan besar dalam pengawasan pembangunan pemerintahan.

“Jurnalislah yang membuat kita semua menjadi literate dalam banyak hal. Media, apapun medianya, adalah sahabat kita, sehingga saya berharap bisa muncul keteladanan dari pers. Kebebasan pers itu perlu menyebarluaskan optimisme dan aura positif,” ujar Yonathan, yang merupakan mantan Kepala Dinas PU Provinsi DKI Jakarta ini.

Yonathan menambahkan, pers dan media massa di Toraja Utara telah banyak berperan memberikan kontribusi dalam mengawal program dan kebijakan pembangunan pemerintah daerah, dengan berita-berita bernilai, informatif dan edukatif kepada masyarakat.

“Karena itu, pada momen bahagia ini kami ucapkan terima kasih atas peranan pers, tak lupa kami juga ucapkan selamat memperingati Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers ,” tutupnya.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here