POJOK DISKUSI TONDOKTA (PDkT) TORAJA UTARA Oleh DR. Dr. SISWANTO PABIDANG, SH, MM

332
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – Merupakan kerinduan di hati saya untuk membuat satu wadah berdiskusi atau tukar pikiran, membagi ilmu, pengetahuan dan pengalaman yang berguna dari mereka yang selama ini mempunyai kelebihan tersebut kepada kita semua.

Saling melengkapi satu sama lain dan menutupi kekurangan satu sama lain dari kelebihan masing-masing adalah dambaan saya. Tidak ada di antara kita yang sempurna oleh karena itu mari saling mengisi di kehidupan kita ini.

Wadah ini diharapkan mempunyai ciri khas yang mudah dikenali dan akhirnya menjadi keakraban khususnya bagi kita semua yang ingin menyalurkan keilmuan, skill, dan pengalamannya.

Setelah berpikir mendalam akhirnya saya menemukan wadah tersebut yang saya beri nama: POJOK DISKUSI TONDOKTA disingkat PDkT.

Muncul dalam benak apa dasar pemikirannya wadah ini. Terbayang bila kita berbicara pojok atau tituk bahasa Torajanya muncul gambaran suatu tempat di sudut sebuah ruangan yang kecil dan kadang diabaikan namun dalam tata ruang modern maka sudut atau pojok menjadi daya tarik tersendiri.

Pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online bahwa pojok sebagai suatu tempat di antara dua garis atau dua sisi bertemu atau disebut juga penjuru. Memang pojok banyak artinya tapi yang paling tepat adalah pengertian di atas.

Jadi kalau dibawa ke dalam kontek wadah ini maka pojok berarti tempat bertemunya orang atau ide dari berbagai penjuru.

Diskusi menurut Wikipedia Bahasa Indonesia adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok. Komunikasi antara kelompok berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar. Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik.

Tondokta bahasa Toraja yang bisa diartikan kampung kita, adalah ciri khas dari wadah ini sebagai asalnya dari Toraja, selain itu ada perhatian dari orang-orang Toraja akan kampung halamannya. Setiap orang Toraja baik yang berada di kampung halaman maupun yang merantau sebagai diaspora apabila mendengar kata tondok atau tondokta maka di dalam lubuk hatinya tebersit kerinduan untuk pulang kampung atau setidak-tidaknya terbayang secara keseluruhan apa yang dia rasakan dan lalui di masa-masa silam.

Kemudian penulisan singkatan sebagai PDkT dari wadah tersebut ingin membawa ke hubungan mendalam sebagai suatu pendekatan. Siapapun orang akan langsung mengartikan PDkT sebagai kepanjangan pendekatan, meskipun sebenarnya itu huruf dari wadah tersebut: Pojok Diskusi Tondokta (P-ojok D-is-k-usi T-ondokta).

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti pendekatan adalah proses, cara, perbuatan mendekat (hendak berdamai, bersahabat, dan sebagainya). Bisa juga diartikan usaha dalam rangka aktivitas untuk mengadakan hubungan dengan orang lain yang diteliti, metode untuk mencapai pengertian tentang masalah penelitian.

Jika dirangkum dari uraian di atas maka wadah POJOK DISKUSI TONDOKTA (PDkT) hendak menjadi suatu wadah diskusi demi kemajuan kampung halaman kita yaitu Tondok Toraya.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here