Pramuka Harus Berani Jujur

58
0
Handover.

Updatekareba.Com, Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masa jabatan 2015-2019, Kak Agus Rahardjo hadir dalam acara Jumpa Tokoh Perkemahan Nasional Kesehatan ( Kemnaskes) IV tahun 2019 di Kempa 2 Buperta Cibubur Jakarta Timur, Kamis malam 26 September 2019. Kak Agus Rahardjo ditemani oleh Kak Acep Somantri dari Pinsaka Bakti Husada tingkat nasional.

Dalam acara Jumpa Tokoh ini Kak Agus Rahardjo menyampaikan materi dengan tema Edukasi Anti Korupsi Perang Generasi Anti Korupsi dalam Menciptakan Indonesia Sejahtera. Peserta Kemnaskes IV 2019 mendengarkan dengan seksama yang disampaikan Kak Agus Rahardjo di antaranya: sejarah korupsi di Indonesia.

Beliau juga menjelaskan tentang CPI (Coruption Perception Index) atau tingkat Transparansi yang dilakukan oleh pejabat di Indonesia dan membandingkan point antara Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara.

Kata Kak Agus, di Gerakan Pramuka ada Dasa Darma, di KPK ada 9 Nilai Integritas KPK yaitu: jujur, peduli, disiplin, mandiri, tanggung jawab, sederhana, bersih (kerja keras), adil, dan berani.

Salah satu yang dibahas oleh Kak Agus yaitu mengenai cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, dimana kita harus memanusiakan manusia dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar kita dalam setiap kegiatan tetap selalu ingat pada Tuhan Yang Maha Esa. “Nilai-nilai di dalam Dasa Darma kalau adik-adik lakukan. Insyaa Allah adik-adik terbebas dari masalah-masalah korupsi. Misalnya,
terpateri pada adik ‘bertanggung jawab dan dapat dipercaya’ pasti adik tidak mau melakukan pemalsuan-pemalsuan. Dan yakinlah apabila adik-adik sudah memiliki nilai-nilai itu adik-adik akan berbeda,” kata Kak Agus Rahardjo. “Insyaa Allah adik-adik sekalian pada waktu nanti menempuh pekerjaan akan di ridhoi Allah SWT dan percepatan untuk menitik karier itu akan lebih baik kalau adik-adik kompeten.”

Kak Agus Rahardjo menyampaikan pesan bahwa belajarlah jujur dari perbuatan-perbuatan kecil. Miisalnya: jangan mau titip absen dan jangan mencontek saat ujian. Mendengar pesan itu, peserta langsung riuh dan ramai.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here