Pramuka Saka Wanabakti KPH Saddang II Ikut Apel Siaga Bencana 2020 Di Toraja Utara

426
0
Apel kesiapsiagaan bencana di Kabupaten Toraja Utara, Senin (20/1/2020).

Updatekareba.Com, Toraja – Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Toraja Utara, melaksanakan apel siaga bencana 2020 Kabupaten Toraja Utara.

Pelaksanaan apel ini dilaksanakan di lapangan Kodim 1414 Tana Toraja, Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Senin (20/1/2020).

Apel ini dihadiri  Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan, serta TNI, Polri, dan seluruh OPD terkait dilingkup pemerintahan Kabupaten Toraja Utara

Dalam kesempatan ini, Kepala BPBD Toraja Utara, Alexander Tamppang, menyebutkan bahwa peserta yang mengikuti apel siaga ini sebanyak ratusan peserta yang melibatkan seluruh pihak.

Tidak hanya melibatkan TNI polri, dalam pelaksanaan apel ini pihaknya juga mengikut sertakan anggota Pramuka Saka Wanabakti KPH Saddang II, Karang Taruna, Tagana, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Damkar, Dishub, dan PMI.

“Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari instansi tetkait dan relawan. Pelaksanaan Apel ini juga berdasarkan hasil rapat teknis penanggulangan bencana alam,” kata Alexander

Untuk itu, diharapkan dengan adanya apel siaga ini kata Kepala BPBD Toraja Utara bisa meminimalisir terjadinya kemungkinan bencana alam yang terjadi di Kabupaten Toraja Utara.

“Untuk itu maka dilaksanakan apel siaga bencana Kabupaten Toraja Utara 2020 ini,” pungkasnya.

Sementara Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, dalam amanatnya mengatakan dengan adanya apel gelar pasukan ini, konsolidasi akan lebih siap apabila terjadi bencana. Namun demikian kita berharap itu tidak terjadi.

“Upaya antisipasipun harus tetap kita laksanakan sedini mungkin,” katanya.

Karena itu, lanjut Kalatiku Paembonan, untuk mengantisipasi potensi bencana alam, potensi kekuatan yang ada di Kabupaten Toraja Utara mulai dari TNI, Polri, BPBD, dinas sosial, relawan, hingga masyarakat harus disiapkan.

“Agar semakin kuat dan menjadi tangguh dalam menghadapi ancaman bencana,” jelasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here