Presiden Jokowi : “Aktifkan Kembali BPBD hingga Level Kabupaten/Kota”

153
0
Handover.

Updatekareba.Com, Jakarta – Presiden Joko Widodo meminta tiap kabupaten/kota agar dapat membentuk dan mengaktifkan kembali Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah pusat ke daerah dalam kaitan penanggulangan bencana. Pesan Presiden tersebut disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo usai mengikuti Rapat Pencegahan dan Penanganan Dampak Banjir, di Istana Negara, Jumat (3/3)

“Presiden Jokowi memberikan arahan untuk mengaktifkan kembali seluruh BPBD bukan hanya tingkat provinsi tetapi di tingkat kabupaten/kota”, ujar Doni Monardo.

Sebelumnya Presiden juga telah memberikan arahan tentang prioritas keselamatan warga menjadi hal utama. Oleh karena itu, setiap kabupaten/kota yang belum memiliki tim atau badan penanggulangan bencana tingkat daerah agar segera membentuk, karena bencana alam selalu dekat dengan masyarakat yang ada di daerah.

Sebagai contoh, di Jakarta sendiri, BPBD hanya terdapat pada level provinsi, masing-masing-masing wilayah kota tidak dibentuk BPBD seperti di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Tak hanya di Jakarta, beberapa wilayah lain di Indonesia juga masih banyak yang belum memiliki unit BPBD sebagai koordinator penanggulangan bencana di daerah. Sehingga dengan adanya BPBD di seluruh daerah maka juga diharapkan dapat mempermudah koordinasi dan penanganan bencana menjadi lebih terfokus hingga daerah terpencil.

Merujuk pada Undang-undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, untuk melaksanakan tugas dan fungsi penanggulangan bencana pada masa pra bencana, tanggap darurat dan pra bencana di daerah mulai tingkat provinsi hingga kabupaten/kota maka dibentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Sampai saat ini telah terbentuk 34 BPBD Provinsi dan 490 BPBD Kabupaten/Kota, total 524 BPBD se-Indonesia.

Mengutip dari laman setkab.go.id, rapat yang diadakan di Istana Presiden tersebut dihadiri Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Juliari Batubara, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Idham Azis.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here