Presiden Meluncurkan Gerakan Cinta Zakat

162
0
Presiden RI Joko Widodo.

Updatekareba.Com, Jakarta – Presiden Joko Widodo meluncurkan Gerakan Cinta Zakat, untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam melakukan zakat melalui lembaga resmi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).  Hal tersebut Kepala Negara lakukan di Istana Negara, DKI Jakarta, Kamis (15/4/2021).

“Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim saya luncurkan gerakan cinta zakat pada siang hari ini,” ujar Presiden Joko Widodo melalui tayangan Akun YouTube Sekretariat Presiden.

Menurut dia, melakukan ibadah zakat adalah sejalan dengan kebijakan negara saat ini dalam konteks penanganan pandemi. Sehingga, dapat membantu masyarakat yang terdampak dari merebaknya wabah global COVID-19.

Pentingnya hal itu, pemerintah telah merancang ibadah zakat yang dibayarkan oleh umat muslim dapat tepat sasaran. Dapat dipastikan masyarakat yang membutuhkan uluran tangan di tengah kondisi pandemi yang tak menentu saat ini.

Kemudian, pemerintah juga telah memberlakukan zakat yang dapat dilakukan melalui bantuan teknologi atau dalam jaringan (daring). Adanya hal ini, akan membuat kemudahan dalam membayar zakat tanpa harus mendatangi kantor perwakilan dari instansi terkait.

“Saat ini zakat bisa dilakukan secara online (daring). Berzakat merupakan kewajiban umat Islam untuk berbagi rezeki untuk berbagi kebahagiaan dengan saudara-saudara kita utamanya para mustahik,” katanya.

Dengan partisipasi masif masyarakat luas terhadap kegiatan zakat ini dapat mendorong  pengentasan kepada kemiskinan, penanganan bencana, dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan saat itu, Presiden Joko Widodo melakukan pembayaran zakat secara daring. Untuk membuktikan bahwa saat ini semakin mudah membayar zakat secara daring melalui situs lembaga BAZNAS.

Oleh karena hal itu, Presiden mengimbau, kepada seluruh elemen masyarakat dapat menunaikan ibadah zakat secara daring melalui BAZNAS. Sebagai lembaga resmi pemerintah yang akan menyalurkan zakat dengan tepat sasaran yakni masyarakat yang membutuhkan.

Di samping itu, zakat akan menyempurnakan ibadah puasa yang saat ini umat muslim sedang jalankan di bulan Ramadan.

“Saya juga mengimbau seluruh pejabat negara BUMN, perusahaan swasta, Kepala Daerah di seluruh tanah air untuk menunaikan zakat melalui amil zakat resmi,” pungkasnya. (*/UK).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here