Promosikan Objek Wisata, Warga Gelar Upacara HUT RI Ke – 74 di Kawasan Rante Karassik Di Toraja

401
0
Upacara HUT RI ke - 74 di objek wisata Rante Karassik, Toraja Utara, Sabtu (17/8/2019).

Updatekareba.Com, Toraja – Ada cara unik yang dilakukan warga untuk mempromosikan Objek Wisata Rante Karassik, Lembang Rinding Batu, kecamatan Kesu’, Toraja Utara. Dengen mengambil momen peringatan HUT ke-71 kemerdekaan Republik Indonesia, mereka bersama menggelar upacara di objek wisata ini, Sabtu (17/8/2019) siang.

Kegiatan yang digagas Diaspora Toraja Bride S. Allorante yang juga selaku Kadis PUPR di Propinsi Kalimantan Barat ini menggelar upacara di suasana berbeda ternyata membuat suasana nyaman dan khidmat. Tak satupun warga beranjak dari tempat itu sebelum upacara selesai.

“Kami menggelar upacara peringatan HUT RI yang berada di kawasan wisata Rante Karassik ini agar warga mencintai alam dan peninggalan sejarah sekitar. Tanpa kemerdekaan yang diraih para pahlawan, kita tidak bisa menikmati indahnya alam dan kebebasan seperti ini,” tutur Bride S. Allorante, usai pelaksanaan upacara.

Bride ternyata berinisiatif menggelar upacara HUT RI yang lain daripada yang lain.

“Upacara HUT RI selama ini di lapangan sekolah, sepertinya hanya monoton dan tidak ada hal yang unik. Oleh karenanya, kami menggelar upacara peringatan HUT RI kali ini di kawasan,” kata Bride.

Inisiasi Kadis PUPR Kalbar dikampung halamannya ini ternyata, membuat merasa senang bisa mengikuti upacara di tempat yang tidak biasanya. Begitu pula dengan warga yang biasanya tidak pernah ikut upacara HUT RI, bisa mengikutinya. Mereka mengikuti upacara dengan khidmat dan senang.

“Gelaran upacara ini ternyata membuat semangat patriotisme dan nasionalisme warga di kawasan wisata Rante Karassik ini betul-betul bangkit. Mereka dengan sukarela tanpa paksaan mengikuti upacara,” kata ungkap Bride.

Bride pun menekankan bahwa ini digelar semata – mata untuk menyemarakkan perayaan HUT RI ke 74 dan tidak ada unsur yang lain – lain sebagai ajang memupuk rasa persatuan dan persaudaraan sebagai generasi penerus bangsa Indonesia.

Adapun lomba yang di adakan antara lain, panjat pinang, lomba senam Tobelo untuk ibu – ibu, lomba mewarnai untuk kategori anak-anak, lomba makan jagung bagi anak – anak, dan lomba opor tepung di kepala kategori ibu – ibu, yang dilaksanakan selama seharian penuh.

“Upacara yang unik ini sekaligus bisa menjadikan sarana promosi wisata dan membangun rasa nasionalisme serta cinta lingkungan kepada anak-anak dan warga setempat,” ucapnya.

Upacara HUT RI ke – 74 di objek wisata Rante Karassik, Toraja Utara, Sabtu (17/8/2019).

Obyek wisata unim ini berada di tengah-tengah pemukiman masyarakat Rantepao. Jaraknya hanya ± 200 m dari poros jalan Makale – Rantepao. Rante Karassik adalah tempat pelaksanaan upacara adat pemakaman bangsawan dari Tongkonan Kamiri di Potoksia Buntu Pune.

Rante tersebut mulai digunakan pada abad ke 19 oleh Pong Maramba’ untuk acara upacara adat Rambu’ Solo’ Rapasan Sundun bagi keluarganya.

Lokasi ini memiliki batu simbuang megalit (menhir) yang jumlahnya 12 buah masih megah tertancap di atas tanah, dan ada yang ringginya 7,5 m serta puluhan lainnya masih tertanam di dalam tanah.

Menhir ini adalah simbol bahwa telah sekian banyak upacara adat Rambu Solo’ Rapasan yang telah dilaksanakan di lokasi tersebut.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here