PSU Pemilu 2019 Di Toraja, Berapa Harga Satu Suara?

617
0
Ilustrasi

Updatekareba.Com, Toraja – Jelang Pemungutan suara ulang Pemilihan Umum ( PSU Pemilu), di TPS 3 Lembang Pitung Penanian, Kecamatan Rantebua, Toraja Utara, Sabtu (27/4/2019) isu dan gaduh percakapan tentang ‘serangan fajar’ atau bagi-bagi uang, politik uang, gencar berhembus.

Besaran uang yang disinyalir telah dan akan dibagi-bagikan dari percakapan diberbagai tempat bervariasi.

“Kita dengar-dengar ada caleg melalui tim suksesnya, harga emas sampai berlian untuk satu suara,” ujar Stev Raru, dalam perbincangan dengan Updatekareba.com, Jumat (26/4/2019) pagi.

Kicauan isu-isu senada juga terlontar dari mulut sejumlah warga di Dapil 3 Toraja Utara yang meliputi Kecamatan Rantebua, Buntao, Nanggala, dan Tondon.

Fenomena ini, menurut salah satu pemerhati politik ini, negara belum serius dalam memberantas politik uang yang diduga selalu terjadi pada Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Apalagi untuk pembuktian adanya politik uang, menurutnya sangat sulit.

“Politik uang pembuktiannya sangat sulit. Kalau tidak ada bukti seperti tanda tangan atau rekaman yang menegaskan kebenaran beli suara, maka pelakunya tak bisa dijerat,” katanya.

Konsekwensi dari kondisi ini, Lefrand menegaskan, akan menimpa masyarakat itu sendiri.

“Caleg memanfaatkan regulasi yang lemah. Dipihak lain masyarakat tak peduli kualitas caleg. Karena mereka beranggapan yang terpenting boleh hasilkan uang,” jelasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here