Puncak HANI 2021, Wapres RI Laounching Lembang Kaduaja Di Tana Toraja Sebagai Desa Bersinar

363
0
Kepala BNNK Tana Toraja AKBP Natalia Dewi Tonglo.

Updatekareba.Com, Toraja – Badan Narkotika Nasional (BNN) RI menggelar puncak acara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021, Senin (28/6/2021). Acara Peringatan digelar secara virtual dan diikuti oleh Lembaga serta Pemerintah Kabupaten/Kota di Indonesia.

Wakil Bupati Tana Toraja dr. Zadrak, Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Victor Palimbong, bersama Kepala BNNK Tana Toraja AKBP Natalia Dewi Tonglo dan Forkopimda Tana Toraja dan Toraja Utara turut mengikuti Puncak Peringatan HANI 2021 yang dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin.

Pada peringatan kali ini tema nasional-nya yaitu “Perang Melawan Narkoba (War On Drugs) di Era Pandemi Covid 19 Menuju Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar).

Kepala BNN RI, Komjen Petrus Reinhard Golose, mengatakan, BNN Menyiapkan langkah-langkah strategis dalam rangka perang melawan narkoba.

“Langkah strategis yang dilakukan BNN dalam melawan narkoba yaitu melalui strategi soft power approach berupa aktivitas pencegahan agar masyarakat memiliki ketahanan diri dan daya tangkal terhadap penyalahgunaan narkotika,” kata Petrus.

Selain itu, strategi hard power approach juga dilakukan melalui penegakan hukum yang tegas dan terukur terhadap pelaku penyalahgunaan narkoba, dan smart power approach dengan memanfaatkan media digital dalam penanggulangan narkoba.

Sementara itu, Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin, mengatakan, peringatan HANI menjadi momentum untuk bersinergi dengan semua lembaga dan elemen masyarakat melawan narkoba.

“Perang melawan narkoba memerlukan sinergitas. Kita perlu membangun kesadaran dan meningkatkan partisipasi masyarakat agar terhindar dari narkoba,” kata Wapres.

Sebagai program berkesinambungan, Wapres secara resmi telah mencanangkan Gerakan Desa Bersinar Menuju Indonesia Bersinar (Indonesia bersih narkoba).

Salah satu Desa dari 160 Desa yang dilaunching Wapres sebagai Desa Bersih Narkoba (Bersinar) yakni Lembang Kaduaja di Kecamatan Gandangbatu Sillanan, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Diungkapkan Kepala BNNK Batola, AKBP Natalia Dewi Tonglo, Program Desa Bersinar ini telah dilakukan di tiga Lembang di Kabupaten Tana Toraja

“Jadi hari ini lauching secara nasional, termasuk satu desa/Lembang di Kaduaja,” tegas AKBP Natalia Dewi Tonglo.

Adapun program yang dilaksanakan melalui Desa bersinar meliputi pencegahan, pembinaan hingga rehabilitasi bahi warga yang sudah terjerumus.

Terkait Launching Desa Bersinar ini, Wakil Bupati Tana Toraja dr. Zadrak Tombe menyambut baik. Karena secara serius berupaya membasmi penyalahgunaan narkoba di suatu kawasan tertentu.

“Langkah ini akan berdampak positif. Karena menjadikan desa tersebut bersih dari narkoba, maka bisa dicontoh dan diterapkan oleh Lembang lainnya,” harap dr. Zadrak.

Lembang Kaduaja terpilih dengan acuan mempertimbangkan pemetaan kawasan rawan melalui 8 indikator pokok dan 5 indikator pendukung, komitmen pihak desa, penyamaan persepsi program serta upaya Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) mulai tingkat RT/RW.

Lembang Kaduaja sebagai pilot project Desa Bersinar di Kabupaten Tana Toraja harus benar-benar bersih narkoba.

Sementara itu, Kepala Lembang Kaduaja, Effendi Pamilang mengaku senang dan berterima kasih jika Lembangn yang dipimpinnya dipercaya dalam program nasional.

Pihaknya akan berkomitmen mewujudkan hal tersebut dan akan mempersiapkan segala komponen kebutuhan demi terwujudnya Desa Bersinar.

“Kami atas nama Pemlem dan seluruh masyarakat menyambut baik program ini. Dan kami siap bersinergi dengan BNNK Tana Toraja mewujudkan desa bersih narkoba,” singkat Effendi.

Dalam peringatan Hani 2021 BNNK Tana Toraja juga mengadakan berbagai lomba diantaranya film pendek, tiktok, lagu, dan lomba mengambar.(*/UK)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here