REFLEKSI 2021 DAN HARAPAN 2022 Oleh: Dr. dr. SISWANTO PABIDANG, SH, MM

258
0
Siswanto Pabidang

Updatekareba.Com, Toraja – 2021 telah berlalu dan kita telah berada di 2022. Apakah di antara kita ada yang merasakan perubahan? Mungkin ada yang tidak merasakannya. Mungkin ada yang berkata kalender saja yang berganti. Jam berjalan terus dan matahari tetap terbit di timur dan terbenam di barat. Jika ada yang berpikiran demikian maka haruslah mensyukurinya karena itu berarti kita masih hidup!

Di tahun 2021, tidak semua yang kita rencanakan dan kerjakan berjalan sesuai apa yang kita inginkan. Ada yang berhasil, ada yang belum bahkan ada yang gagal.

Untuk itu mari instrospeksi diri, mawas diri atau refleksi diri dan bertanya pada diri sendiri dan mulai menata ulang. Disadari atau tidak, sesungguhnya ada kekuatan di luar diri kita yang menentukan perjalanan hidup kita.

Tahun 2022 Tuhan mempunyai rancangan buat kita yaitu rancangan yang penuh harapan seperti terdapat di dalam Yeremia 29:11 “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan”.

Sebagai orang yang beriman maka percayalah Tuhan menyertai kita dan memampukan kita berkarya di tahun 2022 ini. Amin! —,(*)

(*). Siswanto Pabidang adalah Founder Komunitas Penulis Sang Torayan, Founder PDkT (Pojok Diskusi Tondokta) Toraja dan Pengurus Pusat PMTI Periode 2021-2026 (Anggota Departemen Penanggulangan Bencana).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here