Refleksi Tahun 2020: Ancaman Pandemi Covid-19 ( Dr. dr. SISWANTO PABIDANG, SH, MM )

350
0
Siswanto Pabidang.

Updatekareba.Com – Kita baru saja masuk tahun 2021, itu berarti tahun 2020 telah berlalu. Berbagai macam cara orang merayakan pergantian tahun ini. Ada yang berhura-hura, ada yang beribadah, ada yang meramaikannya dengan atraksi kembang api atau mercon, bahkan ada yang sama sekali tidak merasakan apakah tahun telah berganti.

Ketika menunggu bus yang akan mengantar kami ke Makassar, saya melihat ada sebuah tulisan pada pagar rumah yang mewah, tulisan tersebut berbunyi: “Mohon maaf tidak menerima tamu berhubung pandemi Covid-19”.

Pandemi Covid-19 telah merubah kebiasaan kita selama ini. Dari tertawa terbahak-bahak menjadi tertutup masker, dari cipika cipiki menjadi salam Corona (mempertemukan kedua lengan tangan), dari rapat-rapat dan berkerumunan menjadi jaga jarak minimal satu meter, dari nongkrong-nongkrong sampai subuh menjadi dibubarkan dan dikejar satgas Covid-19.

Ketakutan pada pandemi Covid-19 meluas dan mendunia (meski masih ada saja orang yang tidak percaya). Belum selesai cerita Covid-19 yang pertama datang lagi yang ganasnya. Ini saja manusia sudah bertumbangan, tak terpikirkan yang serangan kedua ini.

Menyedihkan dan mengharukan bila ada kerabat bahkan orang dekat kita yang terkena Covid-19 ini bahkan harus meninggalkan kita dan tidak bisa melepaskannya dengan kasih sayang.

Kini di tahun 2021, Covid-19 masih merupakan ancaman kemanusiaan. Jangan lalai.

Kesadaran pada bahaya pandemi Covid-19 ini sangat bermanfaat untuk melindungi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Saling menjaga dan mentaati himbauan Pemerintah adalah keputusan yang harus diambil dan dilaksanakan.

Selalu menerapkan 3 M untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, yaitu dengan Memakai Masker (dengan benar), Mencuci tangan pakai sabun pada air yang mengalir/atau handzanitizer, dan Menjaga jarak atau menghindari kerumunan.

Akhirnya, berharap tak henti pada Tuhan yang Maha Kuasa adalah dasar dari semua upaya manusia untuk beraktivitas. Selamat memasuki tahun 2021 kiranya kasih setia Tuhan menyertai kita senantiasa dan selamat tinggal tahun 2020 dengan segala kenangannya.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here