Rumah Kaki Seribu Bakal Tampil di Hari Pramuka 2019

110
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – Peringatan Hari Pramuka tahun 2019 berbeda dari sebelumnya. Salah satunya adalah berdirinya Rumah Kaki Seribu di area bumi perkemahan graha wisata Cibubur.

Bahan bangunan rumah ini didatangkan langsung dari Papua Barat. Bukan hanya bahan, pramuka yang membuat pun dari sana. Sebab itu pihak Pemerintah Daerah (pemda) Papua Barat yang sangat mendukung ini datang berkunjung.

Wakil Gubernur (wagub) Papua Barat didampingi Sekretaris Kwarda Papua Barat, Kak Novi dan Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga Kabupaten Manokwari Selatan Papua Barat, Kak Auri, pada hari Senin (4 Agustus 2019) melihat langsung pembuatan Rumah Kaki Seribu. Dengan demikian beliau mengetahui sejauh mana penggarapannya.

“Pembuatan Rumah Kaki Seribu merupakan sebuah kontribusi dan kehormatan karena Kwarda Papua Barat dipercaya oleh Ka Kwarnas untuk menampilkan rumah adat pada Hari Pramuka yang ke-58 di bumi perkemahan ini. Rumah Kaki Seribu ini hampir semua bahan pembuatannya diambil dari alam. Tanpa menggunakan alat bangunan satu pun.Tanpa dukungan teknologi, kita bisa membuat rumah yang nyaman,” jelas Wagub Papua Barat, Bapak Mohamad Lakotani, S.H., M.Si.

Dahulu dalam pembuatan Rumah Kaki Seribu ada pantangan-pantangan tersendiri. Kini di zaman modern Rumah Kaki Seribu ini mengalami perkembangan, sehingga kesakralan juga tidak seperti masa lalu.

Untuk membangun Rumah Kaki Seribu ini membutuhkan kerja sama dan gotong royong.

“Rumah Kaki Seribu ini jenis rumah yang berasal dari salah satu etnis yakni suku Arfak. Arfak itu sendiri adalah daerah yang sepanjangan tahun dingin karena berada di daerah yang tinggi. Rumah Kaki Seribu memiliki 2 pintu depan dan belakang dan tidak memiliki jendela, agar benar-benar nyaman dan hangat untuk ditempatkan,” jelas Bapak Mohamad Lakotani, S.H., M.Si.

“Harapan saya di Hari Pramuka tahun ini Pramuka semakin eksis. Pembinaan generasi muda kita menjadi semakin lebih baik. Kontribusi Gerakan Pramuka di dalam pembinaan pemuda secara langsung ada. Pramuka memberikan contoh keteladanan, menjaga lingkungan, dan bagaimana cara mengajak masyarakat di sekitar kita untuk tidak membuang sampah di sembarangan tempat apa lagi mengotori laut.”

Dalam kunjungan tersebut rombongan Wagub bertanya kepada mereka yang membuat Rumah Kaki Seribu. Tampak wajah mereka bahagia karena diperhatikan oleh pemda. Bapak wagub pun terlihat senang.

Ada Rumah Kaki Seribu di buper Cibubur. Ini menjadikan wajah buper berbeda, tentu akan lebih bagus.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here