Saat Monitoring BLT Tahap II, Wabup Rinto Tinjau Kampung Tangguh Di Lembang Salu Sarre

178
0
Wabup Toraja Utara Yosia Rinto Kadang (kanan) saat meberikan bantuan BLT dana desa tahap dua di Lembang Salu, Kecamatan Sopai, Rabu (17/6/2020).

Updatekareba.Com, Toraja – Mewujudkan cita cita Kampung Tangguh Nusantara, Polres Toraja Utara menunjuk Lembang atau desa yang memiliki potensi dan kriteria sebagai kampung Tangguh Nusantara, di lembang Salu Sarre, Kecamatan Sopai, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Program Kampung Tangguh ini merupakan salah satu program dari Polri dalam menciptakan lingkungan kampung yang mampu bertahan dalam situasi Covid-19 sekarang ini.

Dukungan penuh pun datang dari Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, yang mennyempatkan diri mengunjungi kesiapan Lembang Salu Sarre sebagai kampung tangguh di Toraja Utara.

“Saya melaukan peninjaun ini guna melihat kondisi pos cegah covid -19 serta kesiapan pengolahan ketahanan pangan oleh warga setempat dalam menghadapi pandemi covid -19 di Lembang Salu Sarre ini,” kata Yosia Rinto Kadang.

Wabup Rinto mengungkapkan bahwa kriteria sebuah kampung tangguh adalah kampung yang memiliki pengolahan ketahanan pangan, warganya disiplin dalam menggunakan masker, memiliki pelayanan kesehatan yang cukup, dan memiliki tingkat Kamtibmas yang kondusif.

“Di dalam kampung tangguh, kita akan melihat warga yang disiplin menggunakan masker, kemudian kita juga akan melihat pengolahan pekarangan dengan varian ketahanan pangan yang bermanfaat, kita juga akan melihat adanya tempat tempat cuci tangan yang berada di depan rumah setiap warga, ini adalah kampung impian ditengah Pandemi Corona, inilah kampung tangguh yang ingin kita wujudkan,” Jelas Rinto.

Program Kampung Tangguh ini merupakan salah satu program dari Polri dalam menciptakan lingkungan kampung yang mampu bertahan dalam situasi Covid-19 sekarang ini, dan direncanakan akan diresmikan menyambut Hari Bayangkara tahun 2020.

Dalam peninjauan ini Wabup Rinto didampingi Kapolsek Sopai Iptu Daud Masangka, Camat Sopai Marthen Panggalo, dan Kepala Lembang Salu Sarre Andi Surawijaya.

Sebelumnnya Wabup Toraja Utara ini juga melakukan monitoring pembagian BLT Dana Desa tahap dua di Lembang Salu, dan disambut langsung Kepala Lembang Salu, Roni Pata Allo.

Saat menyerahkan BLT tahap dua di Lembang Salu, Wabup Rinto meminta agar masyarakat tetap mengikuti protap kesehatan Covid-19 saat pemberlakukan kembali new normal.

Sementara Kepala Lembang Salu, Roni Pata Allo, juga menekankan kepada warganya tentang BLT dana desa ini diberikan untuk membantu kehidupan masyarakat, bukan untuk hal – hal yang melanggar hukum.

“Jangan BLT ini dibawa ke hal – ha yang melanggar hukum, seperti judi sabung ayam,” ucap Roni yang juga Ketua KNPI Kecamatan Sopai ini.

Sebanyak 423 kepala keluarga menerima BLT tahap dua di Lembang Salu, dan juga BST di PT Pos sebanyak 25 kepala keluarga, BNI dua kepala keluarga, dan BRI satu kepala keluarga.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here