Sahabat Perempuan dan Anak, lima tahun sudah Pemerintahan Presiden Jokowi – Wapres JK bekerja

55
0
Handover.

Updatekareba.Com, Jakarta – Capaian demi capaian telah berhasil diraih oleh Pemerintah dalam berbagai sektor, termasuk dalam permberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Kemajuan dan kesejahteraan masa depan Indonesia sangat ditentukan oleh bagaimana meningkatkan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak. Pemerintah terus berupaya agar dapat memenuhi hak anak tanpa ada yang tertinggal satupun.

Salah satu upaya tersebut dilakukan dengan memastikan keberhasilan Program Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Hingga April 2019, terdapat 435 KLA yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pemerintah juga terus berupaya memberdayakan dan meningkatkan peran perempuan dalam berbagai bidang, termasuk memperbaiki kemandirian ekonomi perempuan.

Salah satunya melalui pengembangan model Industri Rumahan, hingga 2018 ada 3.764 perempuan pelaku usaha di Indonesia. Pemberdayaan ekonomi perempuan juga berdampak terhadap Indeks Pembangunan Gender dan Indeks Pemberdayaan Gender di Indonesia, yang angkanya naik setiap tahun.

Peningkatan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menunjukkan bahwa berbagai intervensi di bidang pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan secara umum sudah berada di jalur yang tepat.

IPM di Indonesia terus mengalami kemajuan. Berdasarkan data BPS, pada 2018, IPM Indonesia mencapai 71,39. Angka ini meningkat sebesar 0,58 poin atau tumbuh sebesar 0,82 persen dibandingkan 2017.

Nah Sahabat, pada tanggal 16 September 2019 lalu jd hari bersejarah bagi anak-anak Indonesia. Tepat di tanggal tsb, Revisi Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan resmi disahkan. Batas usia perkawinan naik menjadi 19 tahun.

Pemerintah bersama DPR RI mengesahkan kenaikan batas usia perkawinan, guna menekan angka perkawinan usia anak. Perjalanan revisi UU Perkawinan ini berawal dari pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 22/PUU-XV/2017 pada Desember 2018.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here