Sambut HARHUBNAS 2019, UPT Bandara Pongtiku Buat Turnament

90
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – UPT Bandara Pongtiku di Kabupate Tana Toraja, Sulawesi Selatan, menyelenggarakan kegiatan Turnamen Futsal, Jumat (13/9/2019) kemarin . Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2019.

Kepala UPT Bandara Pongtiku Rantetayo, Jafriadi Mappeare, mengajak bersama-sama untuk selalu menjaga sportivitas dalam pertandingan.

” Jaga sportivitas agar pertandingan yang dilakukan dapat berjalan dengan tertib, karena kegiatan ini dari kita untuk kita,” katanya.

Jafriadi Mappeare, juga mengajak seluruh jajarannya untuk meningkatkan semangat membesarkan perhubungan di negeri ini, sehingga perhubungan selalu tetap jaya.

Pertandingan futsal dalam rangka Hari Perhubungan Nasional tahun 2019 ini diikuti enam tim dari masing – masing unit di UPT Bandara Pongtiku.

“Pemenang dari turnamen futsal nantinya akan diberikan tropi dan bingkisan, yang jelas pertandingan ini untuk menjalin persahabatan dalam memperingati Hari Perhubungan Nasional tahun 2019,” ujarnya.

Selain pertandingan futsal juga diadakan lomba domino antar masyarakat sekita bandara Pongtiku.

Hari Perhubungan Nasional atau Harhubnas diperingati setiap tanggal 17 September.

Hari Perhubungan Nasional setiap tahunnya selalu diperingati oleh seluruh instrumen di seluruh Indonesia. Sebelum ada Harhubnas, setiap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki hari jadi masing-masing.

Handover.

Seputaran Hari Perhubungan Nasional

BUMN yang memiliki hari jadi dalam waktu berdekatan, dinilai tidak efektif, sehingga pada Tahun 1971 ditetapkanlah Harhubnas. Harhubnas ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan nomor SK.274/G/1971 pada tanggal 26 Agustus 1971, dan menetapkan jika 17 September sebagai Harhubnas.

Harhubnas pada dasarnya memiliki tiga tujuan utama. Pertama, untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan jiwa korsa warga perhubungan serta dengan mitra kerja jasa perhubungan pada umumnya.

Kedua, untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab untuk selalu ikut membudayakan peningkatan pelayanan yang lebih baik. Terakhir, untuk meningkatkan penghayatan dan pengamalan 5 citra manusia perhubungan.

Pada masa sekarang tentu perhubungan melalui transportasi sangat penting perannya. Maka tidak salah jika pemerintah saat ini gencar-gencarnya membangun infrastruktur.

Berkaitan dengan “hubung-menghubung” berikut ini merangkum beberapa hal unik tentang infrastruktur dan seputaran perhubungan di Toraja.

1. Bandara Buntu Kunyi

pembangunan Bandara Buntu Kunik, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp500 miliar. Anggaran tersebut masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 dan APBN 2019.

Bandara Buntu Kunik nantinya akan memiliki panjang landas pacu (runway) berukuran 1600 x 30 meter, apron 94,5 x 71,5 meter, dan taxiway 118 x 15 meter. Nantinya apron bandara ini dapat menampung pesawat sekelas ATR-72.

2. Jalan Menembus Gunung dan Membelah Bukit

Selanjutnya jalan menabjubkan kembali berasal dari Indonesia dengan Jalan Trans Luwu – Toraja, dan Palopo – Toraja.

Jalan Trans Toraja dalam pembangunanya menembus pegunungan-pegunungan dan bukit-bukit. Hal tersebut lantaran medan di Toraja masih belum terjamah oleh manusia.

Jalan Trans Toraja menghubungkan berbagai wilayah di Toraja, yakni dari Kesu – Bastem Luwu, Tikala – Mamuju Sulbar, Sa’dan – Luwu, Nanggala – Luwu.

Di Hari Perhubungan Nasional sudah sepantasnya kita mengapresiasi berbagai pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here