Sambut Hari Bhayangkara Ke-74, Polres Tana Toraja Gelar Bakti Sosial Donor Darah Untuk Kemanusiaan

158
0
Handover (Humas Polres Tana Toraja).

Updatekareba.Com, Toraja – Dharma bakti kepolisian untuk kemanusiaan menyongsong Hari Bhayangkara ke-74, Polres Tana Toraja kembali menggelar kegiatan bakti sosial berupa donor darah, yang dilaksanakan di aula Bhayangkara, Senin (22/06/2020).

Donor darah yang di gelar ini di ikuti oleh personil Polres Tana Toraja dan Bhayangkari Cabang Tana Toraja.

Kapolres Tana Toraja AKBP Liliek Tribhawono Iryanto SIK MM mengawali kegiatan ini dengan turut melakukan mendonorkan darahnya, disusul oleh Waka Polres Kompol Jacob Lobo SH MH, yang dikemudian dilanjutkan dengan pendonor darah berikutnya.

Paurkes Polres Tana Toraja, Desy Dudung, yang di konfirmasi menyebutkan kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan dengan bekerjasama Unit Transfusi Darah RS Lakipadada Tana Toraja.

“Tim dari UTD RS. Lakipadada di pimpin oleh dr. Salmon Sutandra, So.PK, dengan menyertakan 4 tenaga medis, sejauh ini pendonor yang daftarkan diri sebanyak 40 orang, tim tenaga medis telah mengambil darah terhadap 16 pendonor, masing masing 1 kantong isi 350 cc,” Jelas Desy Dudung.

Kata Desy Dudung lagi, proses pengambilan donor darah tetap mengacu pada protokoler kesehatan pencegahan covid.

“Iya, para petugas medis dilengkapi APD, sementara pendonor pun menggunakan masker dan mematuhi himbauan jaga jarak aman,” Ujar Desy.

Selain dari Donor Darah, Urkes Polres Tana Toraja juga sebelumnya telah menggelar kegiatan Sunat Gratis, yang dilaksanakan selama 2 hari secara berturut turut.

“Kegiatan Sunat Gratis kami laksanakan di hari Selasa (16/06) dan di hari Rabu ( 17/06) kemarin, diperuntukkan bagi warga tidak mampu dan keluarga personil Polri, ada 7 orang anak yang mengikuti kegiatan sunatan ini,
yang pelaksanaannya juga mengacu pada protokoler kesehatan,” Ungkap Desy Dudung.

Sementara itu, Kapolres Tana Toraja AKBP Liliek Tribhawono Iryanto yang di konfirmasi usai melakukan donor darah mengatakan bahwa kegiatan kemanusiaan yang dilakukan oleh Urkes Polres Tana Toraja merupakan sumbangsih Polres Tana Toraja dalam memaknai Hari Bhayangkara ke-74.

“Hari Bhayangkara merupakan hari yang sangat bersejarah bagi setiap insan Polri, tahun ini (2020) pelaksanaan Hari Bhayangkara agak berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, meskipun saat ini kita masih di selimuti oleh kondisi pandemi Covid-19, namun keinginan dan semangat berbagi kasih untuk kemanusiaan tetaplah menjadi prioritas,” Kata Liliek.

Sambungnya lagi, bakti sosial sunat gratis dan donor darah yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari memaknai Hari Bhayangkara, dan puncak dari kegiatan Bakti Sosial Polri di agendakan akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2020 mendatang.

“Iya benar, Bakti Sosial Polri dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74 akan di laksanakan secara serentak di seluruh wilayah Nusantara pada tanggal 26 Juni 2020, Polres Tana Toraja pun akan mengambil bagian pada perhelatan nasional ini,” Ungkap Liliek Tribhawono.

Terakhir Liliek katakan, kondisi sosial masyarakat saat ini berangsur angsur mulai pulih yang disertai dengan pelonggaran beberapa aktifitas sosial secara bertahap, ia berharap dalam menyongsong tatanan new normal life, warga masyarakat dapat produktif kembali dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan.

“Mau tidak mau, kebiasaan kebiasaan baru seperti disiplin menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga kesehatan, proteksi diri, dan lainnya harus dibudayakan, dengan harapan mampu menjaga warga dari covid dengan tidak mengurangi daya produktif dari masyarakat, sebagaimana cita cita dari Hari Bhayangkari ke-74 yaitu mewujudkan Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif,” Pungkasnya.

Perlu diketahui, Hari Bhayangkara ke-74 jatuh pada tanggal 1 Juli 2020.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here