Sambut Hari Jadi Toraja ke-720 & HUT Kabupaten ke-62, Pemkab Tana Toraja Gelar Festival Kopi dan Pekan Budaya

217
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – Dalam Rangka persiapan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tana Toraja yang Ke- 62 dan Hari Jadi Toraja ke- 772 Pemkab gelar Konferensi pers yang dilaksanakan di aula Bupati Tana Toraja, Sabtu (10/8/2019).

Acara yang langsung dibuka oleh Kabag Humas Pemkab Tana Toraja Yohanis Kamben dengan sesi tanya jawab, juga dihadiri Kadis Pertanian Tana Toraja Salvianus yang juga Ketua Panitia HUT RI ke 74 Tana Toraja serta Kadis Kebudayaa Tana Toraja Bonifacius Paundanan.

“Kami mengharapkan agar media cetak maupun elektronik serta media dengan berbasis online agar dapat membantu menyebarluaskan segala kegiatan yang diadakan selama memperingati HUT Kabupaten Tana Toraja ke- 62 dan Hari jadi Toraja ke- 772 serta kegiatan HUT RI k- 74 ke masyarakat di pelosok daerah,” ungkap Kabag Humas Pemkab Tana Toraja.

Sementara menurut Salvinus yang juga ketua panitia pelaksana HUT RI ke-74 tingkat Kabupaten Tana Toraja,  berbagai rangkaian agenda itu untuk menghibur seluruh masyarakat Kabupaten Tana Toraja saat Peringatan HUT RI.

“Puncak upacara peringatan HUT RI ke-74 tingkat Kabupaten Tana Toraja dipusatkan di Kecamatan Bonggakaradeng,” Jelasnya.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan Pemkab Tana Toraja sambut Hari Kemerdekaan ini yakni pertandingan sepakbola, pelayanan kesehatan dan vaksin rabies anjing, penyerahan bantuan dari Pemkab, peresmian puskesmas bonggakaradeng, dan napak tilas/kirab bendera.

Untuk perayaan Hari jadi Toraja dan HUT Kabupaten Tana Toraja, Pemkab Tana Toraja akan melakukan festival budaya dan festival kopi.

“Khusus Festival Kopi kita didukung penuh Kementrian Perdagangan RI, jadi eventnya skala Internasional,” ujat Kadis Kebudayaan Tana Toraja Bonifacius Paundanan.

Bonifacius menambahkan sesuai arahan Bupati Tana Toraja, perayaan HUT Kabupaten tidak boleh monoton, harus ada inovasi-inovasi yang berbeda-beda disetiap perayaan agar kegiatan perayaan ini tetap memiliki nuansa baru pada setiap tahunnya.

Pekan Budaya atau festival budaya Toraja dan Festival Kopi Intetnational akan berlangsung dari tanggal 22 sampai 31 Agustus 2019.

Konfrensi pers Pemkab Tana Toraja, Sabtu (10/8/2019).

Berikut jadwal dan jenis kegiatan HUT Tana Toraja ke- 62 dan Hari Jadi Toraja ke- 772 ;

* Ritual mepare dan Ma’lambuk di Kecamatan Sangalla Utara ( tanggal 22/8)
* Ritual tradisional Aluk Manta’da di Kecamatan Makale Utara (tanggal 22/8)
* Ritual Aluk Massuru’ di Kecamatan Makale Utara (tanggal 23/8)
* Ritual tradisional banua papa batu Tumakke di Lembang Banga, Kecamatan Rembon (tanggal 23/8)
*Pembukaan event budaya toraja, lomba , band performance di pasar seni Makale (tanggal 24/8)
*Seminar adat dan tradisi diruang pola kantor Bupati Tana Toraja (tanghal 26-27/8)
* Festival kuliner masakan hitam dan lomba musik bambu dipasar seni Makale (tanggal 28/8)
* Pameran dan festival kopi, FGD & Forum Bisnis Kopi di Gedung Tammuan Mali dan gedung BPSW III Gereja Toraja Kecamatam Makale (tanggal 29/8)
* Lomab paduan suara, pemilihan putri kopi di Pasar Seni Makale (tanggal 30/8)
* Puncak acara dengan minum.kopi menggunakan Kararo dan lelang kopi memecahkan rekor MURI dipandu Kementrian Perdagangan RI (tanggal 31/8).(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here