Sambut HUT RI dan HUT Tana Toraja, FPTI Gelar Fun Climbing Bulan Agustus 2020

95
0
Ketua Umum FPTI Tana Toraja, Ivan Kalalembang.

Updatekareba.Com, Toraja – Federasi Panjat Tebing Indonesia ( FPTI ) Tana Toraja, akan menggelar Fun Climbing pada pertengahan Agustus 2020, yang berlokasi di tebing Gunung Tinoring, KM. 9 poros Tana Toraja-Makasar.

Fun climbing ini dibuka untuk 2 (dua) kategori. Pertama, Kategori Pelajar ( khusus siswa/i SMA ). Kedua, Kategori Umum (Mahasiswa/i, Perorangan). Untuk kategori umum, diharapkan lebih banyak dari perwakilan KPA dan MPA.

Fun Climbing ini, menjadi kegiatan perdana untuk FPTI Tana Toraja yang diketuai oleh Ivan Kalalembang, dengan menghadirkan beberapa Pemanjat Tebing dari Makassar, yang nantinya sekaligus berfungsi selaku Judge/juri.

Hal ini dilaksanakan sebagai wujud keseriusan FPTI menjaring para Climbing Muda Potensial Tana Toraja, yang akan diseleksi untuk mengikuti Event Pra PORDA pada 2021 mendatang.

Beberapa langkah optimalisasi telah dilakukan FPTI dalam persiapan Fun Climbing, yakni persiapan rekonstruksi Bolder dan Wall Climbing.

“Dalam waktu dekat, maksimal akhir tahun ini, kami sudah fasilitasi,” ujar Kala Oktavianus, Ketua Harian FPTI Tana Toraja, Minggu,28 Juni 2020.

Ketua Umum FPTI Tana Toraja, Ivan, juga intens melakukan komunikasi dengan pihak FPTI Provinsi Sulsel, terkait pelasanaan kegiatan ini, termasuk memastikan Fun Climbing nantinya memenuhi standar protokol covid 19.

“Saya dan pengurus FPTI Se Indonesia, beberapa atlit, dokter serta penggiat Panjat Tebing Indonesia menghadiri webinar pada 13 Juni 2020 lalu,”ucapnya

Seperti diketahui bahwa dalam Surat Edaran FPTI Nomor 0528/SKP/PP – NAS/V/2020, dijelaskan mengenai Protokol Pencegahan Penularan Corona Virus Disiase 2019 (Covid – 19) dalam setiap kegiatan panjat tebing, khususnya Panduan Operasional Pemanjatan.

“Banyak hal yang wajib diperhatikan, seperti mencuci tangan sebelum pemanjatan. Pertimbangkan untuk melakukan rappel cleaning, jika jalur kerap dipakai dan lakukan rappeling sambil menyemprot dan membasuh titik pengaman dan bagian pegangan serta pijakan,”imbuh Ivan Kalalembang.

Selain itu, diatur juga mengenai cara membersikan/membasuh setiap hanger dengan lap basah berair sabun, termasuk belay atau anchor ring pada akhir pemanjatan dan lain – lain.

“Untuk hadiah, telah kami proyeksikan guna mengait ketertarikan para pemanjat untuk hadir dalam Fun Climbing ini. Begitu kegiatan ini terlaksana, kami akan tindak lanjuti dengan menginventarisasi pemanjat potensi dan berbakat, melaksanakan upaya upaya pembinaan dan latihan secara terukur,”kuncinya.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here