Sambut Sumpah Pemuda 2019, PPGT Dan KNPI Akan Buat GELORA SUMPAH PEMUDA

129
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – Sumpah Pemuda 1928 adalah ikrar bersatunya berbagai komponen bangsa yang diwakili oleh pemuda dalam merajut cita-cita Indonesia bersatu. Momentum ini tercipta dari kesamaan pemikiran dan kesadaran dari semua pemuda(i) setanah air akan pentingnya membangun kekuatan persatuan bangsa.

Ketua Panitia Gelora Sumpah Pemuda, Proponen Rychard Reynol Mapandin, M.Si.Teol memgatakan sumpah pemuda 1928 telah memberikan kita legitimasi untuk menyatakan diri bersatu sebagai Bangsa Indonesia, Tanah Air Indonesia dan Berbahasa Satu Bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda 1928 begitu penting untuk kemudian terus digaungkan dan direfleksikan bagi dan oleh seluruh pemuda(i) agar semangat yang terkandung didalamnya terus memberikan kita kekuatan dan motivasi untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

“Tahun ini ibu Pertiwi menitihkan air mata, semangat dan nilai Sumpah Pemuda 1928 kembali diuji dengan serangkain isu nasional yang mencoba menggoyahkan keutuhan dan kesatuan bangsa Indonesia. Rasisme dipertontonkan, toleransi atar umat beragama dilemahkan, penyalahgunaan narkoba dan seks bebas telah perlahan menghancurkan generasi muda,” kata Proponen Rychard Reynol Mapandin, M.Si.Teol

Semua tindakan itu secara tidak langsung melemahkan dan bahkan bisa menghancurkan semangat dan nilai nasionalisme dari Sumpah Pemuda 1928.

Ini adalah tantangan terbesar pemuda(i) saat ini dan sebuah keharusan bagi kita pemuda(i) untuk terus hadir menyuarahkan semangat nasionalisme Sumpah Pemuda 1928 sebagai bentuk kecintaan dan penghargaan bagi seluruh pahlawan yang telah menintipkan semangat ini.

Bagi generasi muda sekarang ini, Sumpah Pemuda hanya dianggap sebagai sejarah belaka yang tidak terlalu penting untuk dimaknai dan direaktualisasikan.

Sebagai tindakan nyata dalam mengenang momentum ini dan menjawab setiap tantangan dan stigma yang ada akan Sumpah Pemuda, maka Persekutuan Pemuda Gereja Toraja juga harus mengambil langkah konkrit yakni ikut berpartisipasi dalam memperingati momentum Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019 dengan menggagas kegiatan ‘GELORA SUMPAH PEMUDA’ yang bekerja sama dengan KNPI Toraja Utara, KONI Toraja Utara dan KNPI Tana Toraja.

‘PEMUDA PEMERSATU BANGSA’ menjadi tema untuk kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019 dengan sebuah harapan bahwa kegiatan ini akan menjadi pemantik untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme pemuda(i) Toraja.

Sementara Sekretaris panitia, Pdt. Thry Sandy, S.Th, memjelaskan ‘Gelora Sumpah Pemuda’ adalah kegiatan yang digagas sebagai ajang untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme dikalangan pemuda-pemudi Toraja. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh pemuda-pemudi toraja tetapi juga akan melibatkan seluruh elemen masyarakat dengan harapan bahwa kegiatan ini akan memantik semangat kebersamaan dalam kehidupan sosial.

“Gelora Sumpah Pemuda didesain secara sederhana namun tetap juga memperhatikan makna dari setiap item kegiatan yang disiapkan,” ungkap Pdt. Thry Sandy, S.Th.

Gambaran umum dari kegiatan ‘Gelora Sumpah Pemuda tahun 2019 sebagai berikut:

– Seminar
– Jalan Santai
– Touring Trail
– Festival Band
– Basket dan Catur
– Tari Entik Kontemporer
– Goyang Tobelo.

Juga ada permainan rakyat, dimana peserta kegiatan ini dimungkinkan untuk seluruh masyarakat dan secara khusus untuk semua pemuda-pemudi se Tana Toraja – Toraja Utara tanpa terkecuali.

Pelaksana kegiatan ini didukung oleh BPS Gereja Toraja, dilaksanakan oleh PP PPGT yang bekerja sama dengan KONI Toraja Utara, KNPI Toraja Utara dan KNPI Tana Toraja.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here