Save Toraja Dari Virus Covid-19, Pemkab Tana Toraja Buka Dua Posko Di Perbatasan

517
0
Posko siaga Covid-19 di Tana Toraja

Updatekareba.Com, Toraja – Pemkab Tana Toraja dengan seksama dan cepat mengikuti perkembangan dari penyebaran virus Covid-19.

Berdasarkan perkembangan akhir-akhir ini, himbauan baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah maka Pemkab Tana Toraja buka dua posko di perbatasan Tana Toraja – Enrekang, dan Tana Toraja – Mamasa SulBar.

“Karena Pak Bupati menyadari betul bahwa ada potensi apabila virus ini tidak dapat dicegah dan bisa membahayakan masyarakat pada umumnya,” kata Direktur RSUD Lakipadada Tana Toraja, dr. Safari, melalui telepon, Kamis (19/3/2020).

dr. Safari menjelaskan atas perintah Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae, dua posko ini didirikan di Salubarani (Toraja – Enrekang), dan Masanda (Toraja – Mamasa).

“Hal ini kami lakukan sebagai upaya pencegahan dini Covid – 19 mewabah di Toraja” ucap dr. Safari.

Posko ini akan disediakan tim kesehatan dan alat pengukur suhu untuk mengecek orang yang masuk ke Kabupaten Tana Toraja.

Sementara Pemerintah pusat telah menetapkan Wabah Corona Virus atau Covid-19 sebagai Bencana Nasional. Status tersebut diumumkan kemarin, Sabtu sore (14/3) oleh Presiden melalui Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo di Gedung BNPB.

“Sekarang statusnya bencana, undang-undnag bencana nomor 24/2007 menyatakan 3 jenis bencana, Bencana Alam, Non Alam, Sosial,” kata Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto, Minggu (15/3) di Komplek Istana Negara.

Ia melanjutnya, bencana Non Alam itu contohnya wabah/pandemi. Sekarang Indonesia dalam posisi tanggap darurat bencana non alam pandemi covid-19.

“Tidak ada derajat yang paling tinggi dari ini (status bencana nasional). Kalau bicara K/L (Kementerian/Lembaga) , ini dibawahnya,” ujarnya.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here