SDM TORAJA UNGGUL, TORAJA JAYA DAN SEJAHTERA TERCAPAI Oleh Dr. dr. Siswanto Pabidang, SH, MM (Founder PDkT Toraja)

544
0
Siswanto Pabidang.

Updatekareba.Com, Toraja – Berbicara SDM (Sumber Daya Manusia) secara umum maka tidak terlepas dari tujuan negara seperti yang tertulis dalam Pembukaan UUD 1945 salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan pendidikan yang layak dan berkualitas, akan mencerdaskan masyarakat sehingga pembangunan dan kemajuan negara semakin mudah tercapai.

Namun demikian menurut laporan Bank Dunia, _World Development Report_ , Indonesia butuh waktu 45 tahun untuk mengejar ketertinggalannya dari negara-negara maju di bidang pendidikan khususnya di bidang literasi sedangkan dalam bidang _science_ , Indonesia membutuhkan 17 tahun untuk mengejar ketertinggalannya.

Bagaimana dengan SDM Toraja (di dua Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara)? Menurut IPM (Indeks Pembangunan Manusia) tahun 2020, Tana Toraja berada pada urutan ke-16 (68,77) dan Toraja Utara urutan ke-13 (69,33) dari 24 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan. Apa maknanya? IPM memberikan gambaran komprehensif mengenai tingkat pencapaian pembangunan yang dilakukan suatu daerah. Semakin tinggi nilai IPM semakin baik pencapaian pembangunan manusianya. Dalam penilaian IPM ada empat penilaian yaitu Umur Harapan Hidup (UHH), Harapan Lama Sekolah (HLS), Rata-rata Lama Sekolah (RLS) dan Pengeluaran per kapita/tahun.

Nah, bagaimana menciptakan SDM Unggul? Ada tiga kriteria bila mau dikatakan SDM yang berkualitas yaitu mempunyai kualitas fisik dan kesehatan, mempunyai kualitas intelektual (pengetahuan dan ketrampilan) dan mempunyai kualitas spiritual. Menyiapkan SDM Unggul bukanlah menyiapkan pekerja unggul, tetapi menyiapkan manusia Toraja yang cerdas, terampil dan berkarakter Toraja dan Indonesia.

Apa yang harus dilakukan? Banyak cara yang bisa dilakukan antara lain melalui pendidikan berkualitas, membangkitkan potensi generasi milineal, menjaring bibit terbaik pelajar wirausaha muda, dan SDM yang kreatif, inovatif dan produktif.

Jika usaha menciptakan SDM Toraja Unggul dilakukan maka Toraja Jaya akan tercapai sekaligus Toraja Sejahtera mengikutinya.

Apakah Toraja Jaya dan Toraja Sejahtera itu? Toraja Jaya adalah suatu keadaan di mana Toraja sukses dan hebat, megah dan mapan. Slogan Toraja Hebat harus didengungkan (Tana Toraja Hebat dan Toraja Utara Hebat) sebagai motivasi kebangkitan menuju Toraja Sejahtera!

Pencapaian Toraja Sejahtera berarti Toraja yang aman, sentosa dan makmur. Pertanyaannya adalah apa itu sejahtera? Indikator peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat ditandai antara lain kenaikan penghasilan secara kuantitatif, kesehatan keluarga yang lebih baik secara kualitatif, dan adanya investasi keluarga berupa tabungan. Atau dengan kata lain bahwa Toraja Sejahtera adalah suatu kondisi di mana masyarakatnya dapat memenuhi kebutuhan pokok berupa makanan, pakaian, tempat tinggal dan ketersediaan air yang bersih, kesempatan melanjutkan pendidikan, dan memiliki pekerjaan yang memadai yang dapat menunjang kualitas hidupnya.

Akhirnya, pada kesempatan ini saya mau mengambil satu dari sekian falsafah Toraja yang menggambarkan tentang SDM Toraja Unggul: _manarang umpoya kumman, ussangkala kutu manuk_ , yang artinya: pandai menjerat kuman, mengurung kutu ayam, dimaknai bahwa orang Toraja adalah orang yang pintar dalam segala hal, cerdas, kreatif dan inovatif. (*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here