SELAMAT DATANG PEMIMPIN BARU PMTI 2021-2026. NEXT WHAT?

222
0
Handover.

Updatekareba.Com – Pertama-tama saya menyampaikan ucapan selamat atas Suksesnya Penyelenggaraan MUBES IV PMTI di Jakarta, 2-3 Oktober 2021. Terimakasih atas Pengurus lama yang telah menjaga organisasi Sang Torayan ini dengan penuh dedikasi dan tanggungjawab sebagaimana dapat disaksikan bersama. Dan tentunya selamat datang Pemimpin Baru PMTI (Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia).

Pada kesempatan ini saya mengucapkan Selamat kepada Bapak Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa dan Bapak Dating Palembangan, SE, Ak., MSi sebagi Ketua Umum dan Sekjen PMTI 2021-2026.

Ini adalah tulisan saya yang ketiga menjelang dan setelah MUBES IV PMTI. Tulisan pertama berjudul: Mencari Sosok Pemimpin Baru PMTI 2021-2026 (https://updatekareba.com/mencari-sosok-pemimpin-baru-pmti-2021-2026-oleh-dr-dr-siswanto-pabidang-sh-mm/) dan tulisan kedua berjudul: Strong Leader for Ketua PMTI 2021-2026 (https://updatekareba.com/strong-leader-for-ketua-pmti-2021-2026-oleh-dr-dr-siswanto-pabidang-sh-mm/)

Setelah usai MUBES, apa? PMTI adalah organisasi besar meskipun hanya satu etnis Toraja tetapi beragam potensi SDM di dalamnya, profesi, kedudukan dan jabatan di pemerintahan, swasta, wirausaha, kerja mandiri, mahasiswa, pelajar, dan sebagainya yang tersebar hampir di semua pelosok Nusantara bahkan luar negeri.

Seiring itu, keberadaan masyarakat Toraja di beberapa tempat tidak terlepas dari berbagai tantangan dan problema yang mengancam kehidupannya. Dan masih banyak masalah lainnya. Disinilah pertaruhan organisasi seperti PMTI khususnya di bawah pemimpin/ketua yang baru.

Gary Burnison dan Ken Blanchard (2016) dalam bukunya berjudul The Leadership Journey: How to Master the Four Critical Areas of Being a Great Leader (Perjalanan Kepemimpinan: Bagaimana Menguasai Empat Area Kritis Menjadi Pemimpin yang Hebat), menjelaskan bahwa untuk menjadi seorang pemimpin, Anda tidak bisa melakukan perjalanan sendirian. Kepemimpinan membutuhkan pengikut. Untuk menciptakan pengikut, pemimpin harus bertemu orang-orang di mana mereka berada. Pikirkan gembala: kadang-kadang di depan, kadang-kadang di samping, tetapi kebanyakan di belakang (Think shepherd: occasionally in front, sometimes be side, but mostly behind).

Dalam menyusun kepengurusan muncul pertanyaan: Who’s on the Team? Siapa yang ada di Tim? (baca: Pengurus). Itu tergantung bakat. Tanpa bakat, tidak ada kinerja. Pilih orang yang dapat berkembang ke arah strategis organisasi tetapi juga sesuai dengan realitas dan budaya saat ini.

Tantangan selalu ada. Bahkan perbedaan pendapat tidak mungkin dihindari tetapi disitulah jawaban yang baik untuk kemajuan. Semoga Kepengurusan PMTI 2021-2026 sesuai dengan yang diharapkan, seperti yang telah diucapkan oleh semua yang telah memberikan ucapan. Selamat bekerja. Kiranya Tuhan memberikan hikmat kebijakan senantiasa. Salama’…

(Pamekasan, 03 Oktober 2021). (*)

(*) ; Dr. dr. SISWANTO PABIDANG, SH, MM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here