SELAYAR JADI KAWASAN EKONOMI KHUSUS PARIWISATA DI SULSEL

320
0
Handover

Updatekareba.Com, Selayar – Kick Off Perencanaan Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar, Provonsi Sulawesi Selatan.

Kepulauan Selayar, 26 Maret 2019 – Resmi Kick Off Perencanaan Pengembangan KEK Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar yang berlangsung di Pendopo Rumah Jabatan Bupati. Pada acara ini memaparkan terkait Progress usulan KEK Pariwisata Kepulauan Selayar.

Untuk menjadi destinasi kelas dunia ada rumus 3A (Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas), dan Kepulauan Selayar sudah memenuhi rumus 3A tersebut.

Di Kepulauan Selayar terdapat Taman Nasional Taka Bonerate, Museum Gong Nekara, Hutan Mangrove Matalalang, dan Pulau Gusung sebagai Atraksinya. Untuk Aksesibilitas sudah ada Bandara H. Aroeppala, Pelabuhan Pamatata, Pelabuhan Benteng dan Pelabuhan Pattumbukang. Yang terakhir Amenitas di Kepulauan Selayar terdapat Hotel, Resort dan Convention, Glamlping dan Yacth Marina.

Karena sudah terpenuhi rumus 3A tersebut, sehingga dapat diusulkan KEK Pariwisata di Kepulauan Selayar. Industri pariwisata adalah industri paling mudah dan murah untuk meningkatkan pendapatan dan lapangan kerja.

Dengan berbagai potensi Kepulauan Selayar dapat menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Handover

Penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pariwisata

Ada 10 pelaku usaha yang menerima pembiayaan KUR kali ini, antara lain :
1. Usaha Jasa TV Kabel,
2. Industri Kerajinan Tangan,
3. Industri Pembuatan Kue Kering,
4. Menjual Kopi dan Sarabba,
5. Warung Makan,
6. Jualan Makanan Jadi dan Minuman,
7. Jualan Oleh-oleh,
8. Jualan Emping,
9. Penginapan,
10. Jual Kenari.

industri pariwisata tidak hanya fokus pada pengembangan destinasi saja, karena faktor lain seperti industri kuliner, oleh-oleh atau cinderamata penting dalam pariwisata.

Oleh karena itu Industri pariwisata sangat dekat efeknya dengan masyarakat dan perekonomian makro dan mikro.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here