Serentak Minum Kopi 5.195 Gelas Dari Tempurung Kelapa, Pemkab Tana Toraja Pecahkan Rekor Muri

863
0
Lurah Tongko Sarapun Saba Sombolinggi saat ikut serta memecahkan rekor MURI minum kopi dari gelas tempurung kelapa di Tana Toraja, Sabtu (31/8/2019).

Updatekareba.Com, Toraja – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja membukukan rekor baru di Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan serentak minum 5.195 cangkir dari tempurung kelapa atau dalam bahasa Toraja disebut Irusan Karoro, Sabtu (31/8/2019).

MURI mengkonfirmasi hampir semua masyarakat yang hadir di Plaza Kolam Makale.

Gerakan minum Kopi Toraja ini dilaksanakan untuk bersamaan dengan puncak acara HUT Kabupaten Tana Toraja ke – 62 dan Hari Jadi Toraja ke – 772.

Acara pemecahan rekor MURI ini dihadiri langsung Direktur Pemasaran dan Penggunaan Produk Dalam Negeri dari Kementerian Perdagangan RI, Luther Palimbong, M.Si.

“Sungguh terhormat bagi kami dari Kementrian Perdagangan untuk hadir dan ikut ambil bagian dalam acara ini yaitu pemecahan rekor minum kopi serentak di lokasi dengan peserta terbanyak. Kemendag RI berharap dengan rekor ini, kopi Toraja bisa berjaya dan mengharumkan nama bangsa Indonesia di dunia internasional,” kata Luther Palimbong.

Masyarakat yang ikut dalam pemecahan rekor MURI ini berasal dari 19 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tana Toraja.

“Ini membuktikan masyarakat Tana Toraja gotong royong. Menunjukkan orang Toraja punya kopi bagus. Kita harus tepuk tangan sama-sama untuk rakyat Toraja. Kopi Toraja nikmat sekali. tambahnya.

Sertifikat rekor MURI minum kopi dari gelas tempurung kelapa di Tana Toraja, Sabtu (31/8/2019).

Sementara Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman yang turut hadir mengatakan rekor tersebut menunjukkan kesungguhan masyarakat Toraja mempromosikan kopi Toraja ke seluruh dunia.

“Sekarang, sebut saja kopi Toraja mulai selatan sampai Utara. Apakah dia tumbuh di Tana Toraja atau Toraja Utara, kita sebut kopi Toraja,” ujar Andi Sudirman Sulaiman.

“Saya ajak kita bangga dengan kopi Toraja. Jangan merasa kopi di luar lebih enak dari kopi Toraja. Ternyata orang di sana puja-puja kopi Toraja. Kita mesti bangkit dan bangga dengan potensi yang dimiliki daerah ini,” kata Wagub SulSel yang hadir mewakili Gubernur SulSel.

Sebelumnya Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae dan Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas pemecahan MURI minum kopi dengan Irusan Karoro.

Dalam acara ini juga ditampilkan karnaval dan pawai dari OPD dan 21 Kecamatan se Tana Toraja.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here