Skouw Papua Dapat 19 Program Pembangunan Sesuai Inpres No 1/2021

110
0

Updatekareba.Com, Jakarta – Di kawasan perbatasan Skouw, Provinsi Papua, terdapat 19 program sesuai lampiran Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain, dan Skouw. Beberapa kementerian mendapat penugasan khusus terkait 19 program tersebut seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet (Setkab).

Program kegiatan paling banyak adalah yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR), yaitu sebanyak 6 Program Kegiatan, dengan rincian: 1. Pembangunan jalan inspeksi saluran irigasi primer perbatasan; 2. Pembangunan tambatan perahu; 3. Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM); 4. Pembangunan jalan poros Kampung Mosso – Kabupaten Keerom (lebar 4,5 meter); 5. Pembangunan jalan jeramba di Enggros (lebar 3 meter); dan 6. Peningkatan kapasitas dan kualitas jalan provinsi penghubung Kelurahan Koya Timur – Kelurahan Koya Barat (lebar 6 meter).

Kemudian, program yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian, yaitu sebanyak 5 program kegiatan, dengan rincian: 1. Upgrading rice milling unit; 2. Pembangunan pergudangan beras; 3. Pembangunan sarana dan prasarana pengolahan sagu di Skouw Yambe; 4. Pembangunan Unit Pengolahan Hasil (UPH) Jagung; dan 5. Pengadaan benih Padi Hibrida.

Selanjutnya, program yang dilaksanakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan sebanyak 3 program kegiatan, yaitu Rehabilitasi tambak bagi kelompok pembudidaya; Pembuatan kolam ikan bagi kelompok pembudidaya; dan Pembangunan sarana budidaya benih dan pakan bagi kelompok pembudidaya.

Program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM), sebanyak 2 program kegiatan, yaitu pengembangan jaringan distribusi listrik di Distrik Muara Tami dan Abepura dan Pembangunan SPBU di Skouw.

Kemudian, 1 program yang dilaksanakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM, yaitu Revitalisasi pasar rakyat yang dikelola oleh koperasi di daerah perbatasan, tertinggal, dan pasca bencana.

Terdapat juga 1 program yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan, yaitu percepatan pembangunan dan operasionalisasi Terminal Barang Internasional dan Showcase di kawasan PLBN Skouw.

Terakhir, 1 program yang dilaksanakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (1 Program Kegiatan), yaitu Pengembangan jaringan telekomunikasi akses internet dan GSM. (nr/mr/hpy/*/UK)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here