Soal Pajak Potong Hewan Antar Kecamatan Tondon & Balusu, Bupati Toraja Utara Dan Polisi Turun Tangan

3600
0
Handover (Humas Polres Tana Toraja).

Updatekareba.Com, Toraja – Sehubungan dengan pelaksanaan giat acara adat Rambu Solo’ pemakaman Alm. Dundua (Ne’ Otek) yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2019 mendatang yang terletak di Tongkonan Limbong yang mana lokasi tersebut tepat berada di perbatasan Kecamatan Tondon Dan Balusu di perbutkan kedua Kecamtan untuk retribusi pajak potong hewan

Persoalan soal Kecamatan yang dapat mengolah pajak pemotongan hewan ini di ambil alih langsung oleh Pemda Toraja Utara.

Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan, langsung turun tangan menengahi persoalan tampal batas antar Kecamatan ini.

“Masalah batas wilayah yang di permasalahkan tersebut akan di ambil alih langsung oleh Pemkab Toraja utara dan menunggu pemberitahuan selanjutnya untuk dipertemukan kembali,” kata Kalatiku Paembonan, saat peninjauan yang didampingi Waka Polsek Sa’dan Balusu Ipda Agus Martopo, Rabu (12/6/2019) siang.

Sementara Waka Polsek Sa’dan Balusu Ipda Agus Martopo yang ikut hadir dalam tinjau lokasi sengketa batas wilayah tersebut mengatakan bahwa mengenai batas wilayah antara 2 kecamatan itu adalah domain administrasi pemerintahan Kab. Toraja Utara.

” Polres Tana Toraja menurunkan personil dengan melibatkan Polsek Sa’dan Balusu untuk melakukan pengamanan sekaligus memberikan rasa nyaman dan aman kepada semua pihak yang hadir, baik itu pihak Pejabat berwenang dari Pemkab. Torut yang sedang melakukan peninjauan maupun bagi masyarakat yang ikut hadir menyaksikan”. Ujar Agus Martopo.

Agus Martopo melanjutkan, selama kegiatan tinjau batas wilayah berlangsung situasi aman dan kondusif dan rencananya akan ada pertemuan lanjutan lagi , namun belum diketahui waktunya, yang tentunya Polsek Sa’dan Balusu akan terus mengawal dan memastikan proses penyelesaian sengketa itu berjalan dengan baik tanpa ada ekses yang tidak kita inginkan bersama.

Saat peninjauan Bupati Toraja Utara ini hadir Tokoh masyarakat dari Lembang Karua Kecamatan Balusu dan Lembang Tondon langi’ Kecamatan Tondon serta masyarakat sekitar.

Hadir pula Pejabat Pemkab Torut yang turun lapangan mencari dan mengumpulkan fakta, yakni Asisten Satu Semuel Samperompon, Kabag pemerintahan Toraja Utara Mira Bangalino, dan Kabag Hukum Toraja Utara, Neti Palin.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here