Soal Ucapan Komisioner KASN Kepada Bupati Tana Toraja, Ini Tanggapan Ketua IKAT Jabodetabek

735
0

Updatekareba.Com, Toraja – Wakil Ketua Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) dan sekaligus Ketua Umum IKAT Jabodetabek Ibu Lily Amelia Salurapa, angkat bicara soal pernyataan oknum KASN yg santer mencuat di media saat ini.

Lily panggilan akrab beliau menilai pernyataan itu menuai kontroversi di masyarakat.

“Kalau pendapat atau komentar itu keluar dari akun anonim yang banyak berseliweran di medsos ini bisa dimaklumi, karena kebebasan dunia digital saat ini seakan tanpa batasan norma – norma etika dan hukum ( yg seyogianyapun tdk demikian), Namun jika pernyataan itu keluar dari seorang pejabat Lembaga Negara apalagi kalau pendapat itu mengatas namakan Intitusi Negara (KASN) hal ini,” menurut Lily Amelia Salurapa, dalam rilisnya, Sabtu (16/3/2019) malam.

Lanjut Lily Amelia Salurapa, mestinya cara – cara administratif tidak disikapi dengan nada reaktif dan provokatif dengan menggunaan kata diksi yg tidak tepat.

Mestinya citra dan marwah KASN sebagai lembaga pengawasan tetap terjaga objektifitasnya sesal Ketua Umum IKAT Pusat Jakarta ini.

Menurutnya silahkan dikoreksi, dimanapun bila ada kesalahan sebesar apapun stratanya, tidak boleh kita membuat pra penilaian dengan nada kasar dan tidak santun seperti itu.

“Untuk itu kami sangat menyesalkan pernyataan dari oknum KASN itu. Bagi orang Toraja yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan dan kesantunan, saling menghargai satu sama lain, sipakilala kaboro’, siangkaran, dan sipalolanan,
(Saling mengingatkan dgn santun,
Saling mendukung utk kebaikan bersama, Saling memberi contoh yang baik suri tauladan) Apalagi yang dimaksud disitu adalah seorang Bupati yang tidak saja pemimpin daerah tapi tokoh masyarakat yang patut dihormati,” ungkap Lily Amelia Salurapa.

Menurut Lily, siapapun itu harusnya menempatkan masalah ini lebih pada upaya korektif solutif bukan justru dapat memicu terjadinya friksi sosial.

“Jika ada yang keliru, bukankah itu juga tanggungjawab KASN untuk melakukan pembinaan yang tepat
Pakemnya kan pasti sudah ada,” tegas Calon DPD RI dari SulSel nomor urut 28 ini.

Fakta beragam persepsi merupakan hal yg biasa dalam alam demokrasi namun harus juga diimbangi dengan ekspresi yang terukur dan etis, karena disitulah kita dinilai sebagai satu entitas yang beradab.

dengan penuh harapan kedepanujar Lily Amelia Salurapa, menyampaikan kehidupan sosial masyarakat semakin baik nyaman dan damai bukan sebaliknya, dan harus pahami bahwa siapapun kita mempunyai kontibusi membuat sejarah dalam kehidupan kita yang berdampak bagi bgs negara kita.

“Tolong jangan yang sebaliknya yang kita wariskan kpd mrk, sikap, kata telebih prilaku cakap yang kurang berkenan,” tambah Lily Amelia Salurapa.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here