Sosialisasi Di Posko Covid-19, Kejari Tana Toraja Sampaikan siap awasi penyaluran berbagai bantuan terkait COVID-19

139
0
Kajari Tana Toraja, Jefri PM, saat meninjau posko Covid-19 di Salubarani Tana Toraja, Selasa (28/4/2020).

Updatekareba.Com, Toraja – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tana Toraja terus berupaya meningkatkan kewaspadaan atas penyebaran virus Corona atau Covid 19.

Di antaranya adalah dengan menggandeng RSUD Lakipadada sebagai pemberi materi dalam sosialisasi penyebaran, pencegahan dan penanggulangan virus mematikan ini.

Sosialisasi ini dilakukan dengan mendatangi posko Covid-19 di Perbatasan Tana Toraja – Enrekang, dan perbatasan Toraja Utara – Tana Toraja, Selasa (28/4/2020) kemarin.

Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja Jefri Penanging Makapedua, mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud dari komitmen untuk cepat tanggap menyikapi perkembangan situasi yang ada.

“Jadi masyarakat ini bisa mengetahui bagaimana pencegahanya dan penyebaran virus corona. Jadi, tidak perlu panik,” kata Jefri Penanging Makapedua.

Dalam sosialisasi ini Kejaksaan Negeri (Kejari) Tana Toraja juga menyampaikan akan mengawasi penyaluran berbagai bantuan dalam penanggulangan penyebaran COVID-19 untuk memastikan bantuan tersebut tepat sasaran.

Jefri Penanging Makapedua menegaskan dalam pendistribusian APD dan penyaluran bantuan jaring pengaman sosial (pangan) bagi masyarakat terdampak ekonomi akibat virus Corona atau COVID-19, agar sesuai dengan peruntukannya.

“Dan keberadaan petugas Kejari Tana Toraja untuk memastikan tidak ada tindakan dan perbuatan penyelewengan dalam penyaluran bantuan pemerintah itu,” sebutnya didampingi Kasi Intel Kejari Tana Toraja, Ariel Denny Pasangkin,

Meski demikian, katanya aparatur pemerintah tidak perlu takut dalam menyalurkan bantuan. Petugas Kejari Tana Toraja akan membantu melakukan pengawalan terhadap penyaluran bantuan bagi masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat COVID-19.

Ia menegaskan pihaknya akan melakukan penindakan secara tegas apabila ditemukan penyelewengan terhadap bantuan yang diberikan.

Selain ikut melakukan pengawasan terhadap penyaluran bantuan, pihaknya juga melakukan pengawasan terhadap perbuatan dan tindakan penimbunan alat-alat kesehatan sepeti masker, APD, sembako dan berita hoax yang membuat masyarakat resah.

Untuk itu, menurutnya, petugas harus teliti  dan cermat dalam melakukan pendataan dan penyaluran bantuan terhadap masyarakat yang berhak menerima di wilayah masing-masing, selain itu juga memverifikasi langsung ke lapangan.

Semua pihak lanjut perlu menyadari bahwa musibah COVID-19 yang terjadi saat ini memiliki dampak yang luar biasa terhadap ekonomi masyarakat.

Tidak saja ancaman kesehatan, kondisi ini juga berdampak pada penghasilan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

“Jadi jangan ada niat untuk mencari keuntungan dalam situasi ini, masyarakat sudah susah. Kami akan benar-benar mengawasi, agar bantuan yang diberikan pemerintah memang tepat sasaran,” tegasnya.

Sebelumnya Pihak Kejaksaan Negeri Tana Toraja juga terlibat langsung dalam tim gugus tugas penanganan COVID-19. Namun dalam pengawasan, pihaknya juga menjalankan fungsi fungsi pengawasan oleh petugas Kejaksaan.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here