Sportstars.id Untuk Sosialisasikan Kegiatan Olahraga

133
0
Handover.

Updatekareba.Com, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengatakan kegiatan olahraga cukup banyak dan variatif. Namun publik tidak banyak tahu karena terbatasnya informasi yang didapatkan, karena itu Sportstars.id diharapkan bisa memberikan berkontribusi secara maksimal untuk mensosialisasikan menginformasikan berbagai kegiatan keolahragaan. Pemerintah mengapresiasi dan berterima kasih.

“Kalau ditanya apa perasaan saya? Saya orang yang paling senang dengan Sportstars.id ini dilaunching pada sore hari ini. Artinya ini membantu pekerjaan kami mempublikasikan, menginformasikan kepada masyarakat tentang kegiatan olahraga yang ada,” kata Menpora Amali saat menghadiri peluncuran portal olahraga Sportstars.id yang dibarengi dengan diskusi seputar olahraga bertema “Kebangkitan Olahraga di Tengah Pandemi” di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, sebagaiman dilansir Kemenpora di Jakarta Pusat, Selasa (25/5/2021).

Hadir dalam acara ini Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Menurut Menpora Amali, kegiatan olahraga cukup banyak dan variatif. Namun publik tidak banyak tahu karena terbatasnya informasi yang didapatkan, karena itu Sportstars.id kami sangat harapkan untuk bisa berkontribusi secara maksimal untuk mensosialisasikan menginformasikan berbagai kegiatan keolahragaan. Pemerintah mengapresiasi dan berterima kasih.

Disisi lain, lanjut Menpora Amali, saat ini pemerintah melalui Kemenpora tengah menyusun desain besar atau grand design olahraga nasional sesuai arahan Presiden Joko Widodo yang meminta agar pola pembinaan olahraga prestasi nasional di-review total.

“Saya kira arahan Bapak Presiden, Pak Jokowi ini kita sambut, semua kita kerja bersama-sama. Kemudian Komite Olimpiade dan cabor-cabor khususnya cabor yang digemari masyarakat khususnya sepkbola kita dorong terus. Tapi apapun upaya pemerintah, upaya kami sekeras apapun pemerintah atau kami melakukan berbagai usaha tanpa terinformasi kepada masyarakat pasti masyarakat tidak akan tahu banyak tentang kegiatan olahraga,” jelasnya.

Menpora Amali kemudian memaparkan terkait desain besar olahraga nasional yang telah disusun bersama KONI Pusat dan berbagai stakeholder olahraga terutama guru besar, praktisi dan pelaku olahraga. Target utama desain besarini adalah sukses olimpiade.

“Target kita sampai 2045 posisi Indonesia dalam perencanaan itu olimpiade 2044 kita sudah menyiapkan Indonesia harus masuk di lima besar dunia. Tentu ini bukan pekerjaan yang ringan,” ucapnya.

Hal itu bukanlah tanpa dasar melainkan sudah melalui riset dan hitung-hitungan dengan mengundang para profesor, akademisi dan praktisi dari berbagai perguruan tinggi serta pelaku-pelaku olahraga.

Menurut Menpora Amali, ada tiga tema besar yang termuat dalam desain besar olahrga nasional antara lain sport science, sposrt industry dan sport tourism. Untuk sport science, kata Menpora Amali, sangat butuhkan untuk peningkatan prestasi olahraga dengan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Sport industry, olahraga harus menjadi industri. Kalau olahraga tidak kita dorong ke arah industri maka itu akan berpengaruh terhadap pembinaan prestasi,” pungkasnya.

Menpora Amali menegaskan bahwa pemerintah tidak akan secara terus-menerus mengeluarkan dana dari APBN untuk membina olahraga. Oleh karena itu maka upaya untuk mendorong ke arah industri harus dilakukan sehingga semua orang bisa hidup industri olaharga.

“Salah satu problem sekarang ketika saya berkeliling ke Pelatnas-pelatnas apa yang disampaikan oleh mereka. Pak bagaimana nasib kami setelah tidak berprestasi? cabang olahraga manapun pasti menyampaikan itu. Berapa yang bisa ditampung menjadi pegawai negeri, berapa yang bisa masuk ke TNI, Polri. Tidak banyak. Oleh karena itu mereka harus diberi untuk kehidupan mereka,” jelasnya.

Sementara ketiga adalah sportourism, menurut dia, beberapa negara sudah menjadikan sportourism untuk devisa negara salah satunya Thailand.

“Saya senang tadi melihat bagaimana MNC Group mengembangkan Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) wisata yang ada di Lido. Dan ada fasilitas sport-nya. Saya kira itu pasti akan menjadi daya tarik buat para turis bagi yang ada dalam negeri maupun luar negeri untuk datang ke tempat itu. Dan itu ekonominya akan luar biasa,” pungkasnya Menpora Amali.(*/UK)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here