Sungguh Terlalu ! Jelang Hari Kemerdekaan RI, Dua Pemkab Biarkan TMP Buntu Lepong Terlantar Di Toraja

273
0
Kondisi TMP Buntu Lepong di Toraja, Jumat (2/8/2019).

Updatekareba.Com, Toraja – Ternyata jelang peringatan Hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, taman makam pahlawan Buntu Lepong di Toraja terlantar sehingga tidak layak dikunjungi pelajar dan masyarakat umum.

Pantauan redaksi Updatekareba.Com di TMP Buntu Lepong kondisinya menyedihkan. Gerbang masuknya tidak layak, rumputnya tinggi dan tidak terawat.

Juga tempat daftar nama – nama Pahlawan yang di makamkan di TMP ini kacahnya pecah dan terdapat vandalisme.

TMP Buntu Lepong merupakan taman makam pahlawan satu – satunya yang dimiliki Pemkab Tana Toraja dan Pemkab Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

Ketua KNPI Toraja Utara Belo Tarran mengatakan bagaimana generasi muda akan ingat atau berziarah ke makam pahlawan di daerah jika kondisinya tidak layak dikunjungi.

“Bagaimana anak kita mau berkunjung dan mengingat suri tauladan para pahlawan jika kompleks pemakamannya saja tidak terawat,” kata Belo Tarran.

Peraturan perundang-undangan menyatakan setiap Provinsi dan Kabupaten harus memiliki taman makam untuk para pahlawan yang berjuang di daerah.

“Kami meminta pemerintah daerah khususnya Dinas Sosial bisa merawat taman makam pahlawan dengan baik agar generasi muda berminat berziarah dan mengenang kepahlawanan pendahulu dalam memperjuangkan dan membangun tanah air,” ungkap Belo.

Di sisi lain, Ketua KNPI juga mengajak semua pihak untuk membangun kembali memori masyarakat untuk mengingatkan suri tauladan parapahlawan agar cita-cita mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan dapat diwujudkan generasi berikutnya.

“Merawat makam para Pahlawan sangat sederhana, tapi disitulah kita bisa mengukur jiwa nasionalisme ke Bangsa dan Negera tercinta ini,” tambah Belo.

Taman Makam Pahlawan tersebut dikelola Dinas Sosial, Kabupaten Toraja Utara.

Pemkab Tana Toraja dan Pemkab Toraja Utara akan melakukan renungan suci dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan, tanggal 16 Agustus 2019 mendatang.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here