Susun Matrik Keamanan Siber, BSSN Terus Optimalkan Sinergisitas dengan Pemerintah Daerah

118
0
Handover.

Updatekareba.Com, Jakarta -Sinergitas pemerintah daerah (pemda) dengan pemerintah pusat terkait penyelenggaraan urusan Kominfo, Statistik dan Persandian harus terus ditingkatkan ujar Direktur Proteksi Pemerintah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Dwi Kardono dalam Rapat Koordinasi Nasional Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika seluruh Indonesia yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (11/6/2020).

Dalam rapat koordinasi tersebut, Dwi Kardono mengungkapkan inisiasi upaya BSSN untuk meningkatkan Global Cybersecurity Index (GCI) Indonesia tahun 2020 melalui penyusunan Matrik Keamanan Siber.

Matrik tersebut diharapkan dapat menjadi tools pengukuran sekaligus panduan pencapaian keamanan siber secara nasional selaras dengan amanat Presiden Joko Widodo ketika melantik Hinsa Siburian sebagai Kepala BSSN untuk mewujudkan Keamanan Siber Kelas Dunia.

Dwi Kardono menyebut matrik tersebut utamanya mengidentifikasi tren keamanan, baik yang berada dalam kendali organisasi maupun yang diluar kendali organisasi.

Ia berharap target peningkatan GCI Indonesia dapat menjadi ajang dan sarana kolaborasi dan sinergi Pemda dengan pemerintah pusat dalam membangun ketahanan dan kedaulatan bidang keamanan siber.

“Saya berharap Pemda dapat berperan aktif dalam memberikan pencapaian apa yang dipersyaratkan dalam Matrik Keamanan Siber tersebut,” ujarnya.

Beberapa peran pemda yang bisa dilakukan misalnya: memberikan dukungan anggaran bagi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan terkait keamanan siber; memberikan mendukung pembentukan, fasilitasi dan penguatan Government-Computer Security Incident Response Team; penyiapan fungsi Security Operation Center; dan membuat monitoring sistem informasi atau sistem elektronik yang diselengarakan pemda maupun para pemangku kepentingan papar Dwi Kardono.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here