Terapkan Protokol kesehatan Ketat, Rutan Makale Terima 14 orang Narapidana

212
0

Updatekareba.Com, Toraja – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Makale mulai memfasilitasi kembali Penerimaan Narapidana yang sempat terhenti di masa pandemi Covid-19.

Mekanisme penerimaan Tahanan pada Rutan Makale hanya bisa diterima bila memiliki Putusan Yang Berkekuatan Hukum Tetap (Inkracht) Sebagaimana diketahui, dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, Kementerian Hukum dan HAM RI telah memutuskan untuk tidak menerima tahanan baru di Lapas dan Rutan seluruh Indonesia.

Kepala Rutan Makale Luther Toding Patandung mengungkapkan, kebijakan ini tidak terlepas dari surat edaran penerimaan tahanan baru, namun untuk kategori tahanan pengadilan. Para tahanan ini harus memiliki kekuatan hukum atau sudah memiliki putusan dan melewati beberapa tahap pemeriksaan kesehatan secara ketat.

Narapidana harus melaksanakan rapid test, kemudian dicek kesehatannya oleh tim Dokter. Jika hasilnya dinyatakan bisa masuk, Narapidana tersebut tetap harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Penerimaan Narapidana pada Rutan Makale dilaksanakan dengan penuh protokol kesehatan mulai dari mencuci tangan sebelum masuk Rutan, Strerilisasi di bilik sterilisasi yang telah disediakan, pengukuran suhu tubuh dan skrinning kesehatan oleh tim medis Rutan Makale.

Para Narapidana yang sudah berada di dalam rumah tahanan akan dibatasi aktivitas yang berpotensi menyebarkan virus. Di antaranya, tidak lagi diperbolehkan berkunjung ke blok lain dan Kegiatan olahraga yang rawan kontak fisik ditiadakan sementara.

Adapun 14 orang Narapidana yang diterima oleh Rutan Makale berasal dari Kejaksaan Negeri Tana Toraja.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here