Tercatat 40 Pasien Covid-19 Di Toraja, Dua Wabup Himbau Masyarakat Patuhi Protap Kesehatan

1917
0
Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara (kiri) dan Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang (kanan).

Updatekareba.Com, Toraja – Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja kembali mengumumkan kasus baru (Pasien 33) terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Tana Toraja, Sabtu, 11 Juli 2020.

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ini diumumkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja Mariana Belo, SKM didampingi Tim Dokter Satgas Covid-19 Tana Toraja dr. Mardaria Patioran dan Kepala Dinas Kominfo, Ir. Berthy Mangontan, M. Adm, KP.

Kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (PCR) yang diterima Jumat, 10 Juli 2020 dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. Dengan penambahan satu kasus (Pasien 33) terkonfirmasi positif Covid-19 maka kasus positif Covid-19 di Tana Toraja bertambah menjadi 33 kasus.

Berdasarkan hasil tracing Tim Surveilans Satgas Covid-19 Tana Toraja Kasus 33 adalah laki-laki, beralamat di Gorang, Kelurahan Sarira, Kecamatan Makale Utara, berumur 60 tahun, pekerjaan Pensiunan PNS. Pada Kamis, 02 Juli 2020, Pasien 33 berangkat ke Makassar keperluan menjemput anak di Bandara Hasanuddin Makassar dan langsung kembali ke Tana Toraja. Sebelum ke Makassar pasien sudah ada keluhan batuk dan sesak napas. Senin, 06 Juli 2020 pasien berobat ke RSUD Lakipadada dan diopname.

Berdasarkan hasil pemeriksaan selanjutnya pasien ditetapkan sebagai PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan dilakukan pengambilan swab dengan metode pemeriksaan PCR. Kemudian, Jumat, 10 Juli 2020 keluar hasil pemeriksaan PCR dan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Sementara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Toraja Utara mengumumkan pasien terkonfirmasi positif 07 Bapak. EP, Umur 61 tahun, jenis kelamin laki-laki, domisili Kelurahan Malango Kecamatan Rantepao, telah meninggal dunia pada tanggal 09 Juli 2020 di RS. Wahidin Wirohusodo Makassar.

Pada hari ini telah dilakukan tracking ( pelacakan) dan tracing ( penelusuran ) terhadap belasan kontak erat baik melalui tes cepat ( rapid) maupun tes swab) serta penyemprotan disenfektan di kediaman maupun beberapa tempat teekait lainnya .

Melonjaknya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Toraja yang mencapai angka 40 pasien ini ditanggapi serius dua Wakil Bupati yakni Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara, dan Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang.

Kedua Wabup di Toraja ini meminta kesadaran masyarakat selalu menggunakan masker saat di luar rumah atau di dalam rumah.

“Agar seluruh masyarakat di Tana Toraja mematuhi protokol kesehatan secara ketat, karena banyaknya kasus yang muncul karena ketidak taatan dari warga masyarakat didalam memakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan,” kata Wabup Tana Toraja Victor Datuan Batara, Minggu (12/7/2020).

Wabup Victor pun menjeladkan Satgas Covid-19 Tana Toraja sedang melakukan langkah-langkah memutus mata rantai penyebaran Virus Corona di lingkungan masyarakat. Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan Tracing terhadap riwayat kontak pasien positif tersebut dengan melibatkan Tim Surveilans.

Hal yang sama juga disampaikan Wabup Rinto mengingatkan, masyarakat harus tetap mematuhi aturan yang sudah disampaikan oleh pemerintah untuk memutus mata rantai persebaran virus Corona.

“Mari bersama kita putus mata rantai penyebaran virus Covid-19 dengan disiplin, mengikuti protokol kesehatan, tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan penting, menjaga jarak, menggunakan masker setiap saat, selalu mencuci tangan , tidak berkerumun, dan meningkatkan imun tubuh dengan berolahraga serta mengkonsumsi vitamin, makanan bergizi,” ungkap Wabup Toraja Utara Yosia Rinto Kadang.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here